Kamis 09 Jul 2015 13:55 WIB

Perkuat Pertahanan, Mabes AL Bangun Lanal di Perbatasan Malaysia

Wakil KSAL Laksamana Madya Widodo (tengah).
Foto: Antara
Wakil KSAL Laksamana Madya Widodo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Mabes TNI Angkatan Laut berencana membangun Pangkalan TNI AL (Lanal) di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, guna memperkuat pertahanan laut di wilayah perbatasan Indonesia.

Wakil KSAL Laksamana Madya Widodo dan rombongan yang didampingi Wakil Bupati Sambas Pabali Musa meninjau lokasi yang akan dijadikan Markas Komando di tepi Jalan Raya Sambas, Kecamatan Subah, serta lokasi yang bakal dibangun Pangkalan Militer AL di Kecamatan Paloh, Rabu (8/7).

"Kunjungannya saya kali ini untuk mengecek kesiapan terakhir peresmian Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal) di Pontianak dan rencana pembangunan Lanal di Sambas," kata Widodo di Pontianak, Rabu (8/7) malam.

"Sebetulnya dalam kunjungan ini dilakukan oleh KSAL (Laksamana Ade Supandi), namun karena beliau ada kegiatan dengan presiden, maka diwakilkan kepada saya," ujarnya.

Menurut dia, Lanal Pontianak akan ditingkatkan statusnya menjadi Lantamal IV pada pekan keempat Juli 2015. "Maka dengan demikian pula yang sebelumnya dikomando oleh setingkat kolonel akan menjadi bintang satu (laksamana pertama). Kemudian yang semula Lanal di Pontianak akan digeser kedudukannya di Kabupaten Sambas," ungkapnya.

Sehingga, menurut Widodo, kunkernya kali ini untuk melihat langsung lahan-lahan mana saja yang bisa dijadikan perkantoran dan perumahan. Mengingat Kabupaten Sambas sebagai daerah perbatasan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kapasitas dan kuantitas organisasi TNI sehingga ditempatkan setingkat Lanal, sebagai bentuk memperkuat penjagaan di perbatasan.

Untuk Lantamal IV awal tahun 2016 baru akan dibangun Markas Komando Lantamalnya, untuk sementara di Mako Lanal Pontianak dulu, selain itu akan dilakukan tambahan batalyon marinir untuk memperkuat Lantamal IV, begitu juga untuk Mako Lanal di Sambas, juga baru akan dibangun awal tahun 2016.

Dalam kesempatan itu, Widodo menambahkan pada dasarnya seluruh Lanal yang posisinya di perbatasan ditingkatkan statusnya menjadi Lantamal dalam memperkuat kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Sementara itu, Wakil Bupati Sambas Pabali Musa mengatakan Pemda Sambas sangat mendukung upaya TNI AL dalam memperkuat pertahanan di wilayah perbatasan, terutama di Kabupaten Sambas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement