Selasa 09 Jun 2015 16:53 WIB

Sirsak Mampu Usir Kolesterol Jahat Hingga Cegah Kanker

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Karta Raharja Ucu
Sirsak.
Foto: Tumblr
Sirsak.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kelurahan Banda Buek, Kota Padang, Sumatra Barat, ingin menjadikan buah sirsak sebagai item unggulan di kelurahan tersebut.

"Buah Sirsak menjadi item unggulan sekaligus ikonnya Kelurahan Banda Buek," kata Lurah Banda Buek, Nurmis Yacub di Padang, Selasa (9/6).

Ia mengatakan, masing-masing rumah warga saat ini tertanam pohon sirsak dan terpelihara dengan baik. Ia menuturkan, jumlah batang sirsak yang ada di kelurahannya sebanyak 3.500 batang. "Kita akan jadikan kelurahan kita ini sebagai sentra Sirsak Kota Padang," ujar Nurmis.

Ia menuturkan, sirsak memiliki banyak keunggulan dan manfaat, sehingga menurutnya sangat tepat dikembangkan. Ia mengatakan, buah sirsak memiliki banyak nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung di buah ini, ujarnya, seperti kalsium, mineral, aneka vitamin serta serat.

"Sirsak mampu mengusir kolesterol jahat, menjaga imunitas tubuh, mencegah kanker, mengatasi wasir, anemia serta juga bemanfaat bagi kecantikan," jelasnya.

Nurmis berharap, masyarakat Kelurahan Banda Buek dapat berinovasi agar buah sirsak semakin diminati. Saat ini, ia mengatakan, buah sirsak hanya dibuat sebagai minuman jus. "Ke depan, masyarakat akan dilatih membuat dodol yang terbuat dari sirsak," katanya.

Selain sirsak, Nurmis mengatakan, masyarakat di kelurahan ini telah melakukan budidaya buah naga. Saat ini sebanyak 90 batang buah naga yang terdapat di kelurahan ini diberi penopang sebagai penahan yang terbuat dari semen.

 

Nurmis mengatakan, masyarakat juga dilatih memanfaatkan lahan perkarangan. Sebab, Kelurahan Banda Buek mendapat bantuan tanaman sayuran seperti kangkung, bayam, tomat dan cabe dari Dinas Pertanian dan Dispernakbunhut.

"Masyarakat diajarkan memelihara tanaman dengan tujuan, agar masyarakat memanfaatkan lahan perkarangan," ujar Nurmis.

 

Ia menambahkan, Banda Buek memiliki potensi yang cukup besar, seperti memiliki pasar satelit terbesar, memiliki lahan pertanian potensial, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement