Jumat 17 Apr 2015 04:40 WIB
Konferensi Asia Afrika 2015

Wali Kota Tangerang Jadi Narasumber di KAA

Rep: C18/ Red: Julkifli Marbun
Arief R Wismansyah
Foto: tangerangkota.go.id
Arief R Wismansyah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah diundang untuk menjadi narasumber dalam Asia Africa Summit pada 22-23 April 2015 di Bandung. Rencananya Arief akan menyampaikan Ide Smart City dihadapan seluruh undangan Konferensi Asia Africa (KAA).

"Kota cerdas tidak harus berkaitan dengan teknologi informasi. Kota yang bisa memaksimalkan sumber daya sehingga masyarakat bisa hidup nyaman dan aman," terang Arief, Kamis (17/4) di Tangerang.

Arief menjelaskan, untuk menjadi sebuah kota cerdas berbagai persoalan yang jamak ditemui di kota besar seperti persoalan kemacetan, ruang terbuka hijau, banjir, dan pelayanan publik harus bisa diminimalisir sedikit mungkin.

Selain itu Arief mengatakan masyarakat menjadi faktor penting dalam solusi persoalan kota. Tambahnya, untuk mewujudkan sebuah kota cerdas juga sangat tergantung dengan komitmen kepala daerah, karena kompleksitas persoalan kota sama dengan negara.

"Makanya kedepan Presiden kebanyakan dari wali kota," ungkapnya.

Sebelumnya, Arief mengadakan rapat koordinasi bersama dengan pencetus Ide Smart City Prof. Dr. Ir. Suhono serta Universitas Bina Nusantara (Binus) Prof Harjanto Prabowo dan Prof Harjanto Prabowo yang juga merupakan Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Detikda) Kota Tangerang.

Harjanto menyampaikan bahwa kota pintas tidak harus melulu membuat aplikasi tapi lebih bagiamana masyarakat bisa merasakan manfaaf dari setiap program kegiatan yang ada.

"Oleh karenanya Detikda ingin mensikronkan potensi dimasyarakat untuk memprcepat pelaksanaan konsep tersebut," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement