Kamis 26 Mar 2015 11:22 WIB

Kawasan Perumahan di Depok Ini 10 Hari Kebanjiran

Rep: C26/ Red: Erik Purnama Putra
Perumahan Taman Duta di Depok sering kebanjiran.
Perumahan Taman Duta di Depok sering kebanjiran.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kawasan Perumahan Taman Duta, Depok, Jawa Barat kembali tergenang air setelah diguyur hujan selama sejam. Air menggenang setinggi sekitar 20 cm atau setara betis orang dewasa.

Pantauan Republika pada Kamis (26/3) pagi, genangan air terparah berada pada jalan utama depan perumahan. Kawasan ini sudah selama 10 hari ini tergenang air pada malam hari jika hujan turun. Banjir itu akan surut keesokan harinya. Pengendara sepeda motor pun harus memutar kembali untuk melewati jalur alternatif.

Seorang warga setempat, Mujiono mengatakan buruknya drainase menjadi penyebab air akan menggenang jika hujan besar turun. Selain itu air kiriman Bogor juga menjadi sebab meluapnya air dari selokan-selokan.

"Kalau Bogor hujan gede, disini hujan kecil sudah pasti banjir. Ini sudah selama 10 hari-an begini terus," kata Mujiono yang juga terpaksa menutup warung makannya yang terletak di depan perumahan.

Ia bersama warga lain berharap pemerintah setempat memperbaikan sistem drainase di wilayah tersebut. Sebab, banjir terus menerus menjadi ancaman jika tidak segera diperbaiki. Saat ini cuaca sekitar lokasi terpantau kembali gerimis pukul 11.10 WIB setelah sempat cerah.

Perumahan Taman Duta memang menjadi langganan banjir saat musim penghujan. Ketinggian air bisa mencapai setinggi pinggang orang dewasa saat hujan terus menerus turun. Daerah ini dilewati Kali Laya yang mengarah ke Sungai Ciliwung. Kali ini merupakan aliran air dari daerah Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement