Jumat 20 Mar 2015 20:50 WIB

Deklarasi Palestina untuk KAA Masih Dibahas di New York

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Palestina
Foto: AP
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika yang ke-60 di Jakarta dan Bandung pada April mendatang akan melahirkan deklarasi dukungan untuk Palestina. Staf Kantor Kepresidenan Yanuar Nugroho mengatakan, draft deklarasi tersebut hingga kini masih dibahas di New York, Amerika Serikat.

"Masih dibicarakan di New York. Ini ada dokumen, istilahnya ada consolidated text, nah Indonesia berikan masukan," ujarnya dalam konferensi pers persiapan KTT Asia Afrika di Gedung Bina Graha, Jumat (20/3).

Yanuar menjelaskan, selain deklarasi dukungan untuk kemerdekaan Palestina, KTT Asia Afrika juga akan melahirkan Pesan Bandung dan deklarasi untuk menghidupkan kembali New Asian-African Strategic Partnership (NAASP).

Menurut dia, dokumen Pesan Bandung dan NAASP telah selesai dibahas di New York. Dengan demikian, tinggal Deklarasi Palestina yang kini masih dalam tahap pembahasan.

Menurut Yanuar, Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) hingga kini masih memfinalisasi dokumen yang akan dideklarasikan pada pelaksanaan KTT Asia Afrika tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah peringatan KTT Asia Afrika yang ke-60. Acara akan digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Bandung pada 19-24 April mendatang. Hingga Jumat (20/3), perwakilan dari 85 negara sudah mengkonfirmasikan kehadirannya dalam acara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement