Rabu 28 Jan 2015 19:39 WIB

Sukabumi Kurang Perhatian Terhadap Perkembangan Bibit Padi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Petani membawa bibit padi untuk ditanam di persawahan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Perhatian Pemkab Sukabumi terhadap perkembangan benih padi masih minim. Padahal, daerah tersebut memiliki puluhan jenis benih padi unggul yang tersebar di masyarakat.

"Hingga kini belum ada perhatian dari pemerintah terhadap benih padi lokal," ujar Septian Purnama, pendamping Pertanian Sehat Indonesia (PSI) Dompet Dhuafa di Kasepuhan Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/1). Padahal di Sukabumi terdapat puluhan jenis benih padi lokal.

Dikatakan Purnama, di Kasepuhan Adat Sinar Resmi terdapat sekitar 60 jenis benih padi lokal. Dari jumlah tersebut sebanyak 38 benih di antaranya sudah berhasil dikumpulkan oleh warga adat dan Dompet Dhuafa melalui bank benih.

Ke depan diharapkan semua jenis benih padi lokal ini bisa dikumpulkan dan dimasukkan ke bank benih. Di sisi lain Purnama mengatakan, pemkab hanya memberikan perhatian berupa tiga buah lumbung padi beberapa waktu lalu.

Ketua Adat Kasepuhan Sinar Resmi Abah Asep Nugraha mengatakan, Kasepuhan Sinar Resmi berupaya menjaga keberadaan 60 jenis padi lokal. "Langkah ini sebagai upaya menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan," imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement