Kamis 08 Jan 2015 18:46 WIB

Amien Rais Diharapkan Bijak Selama Pemilihan Ketum PAN

Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.
Foto: Antara
Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Wahyuni Refi mengharapkan Ketua MPP PAN Amien Rais bersikap bijaksana pada proses suksesi kepemimpinan PAN.

"Dukungan dari DPW-DPW PAN se-Indonesia terhadap Hatta Rajasa untuk melanjutkan kepemimpinannya di PAN adalah aspirasi kader. Ini adalah realitas murni kader yang hendaknya disikapi secara bijaksana," kata Wahyuni Refi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dukungan dari DPW-DPW PAN terhadap Hatta Rajasa untuk melanjutkan kepemimpinannya di PAN, bisa jadi merupakan reaksi atas pernyataan Amien Rais yang melarang Hatta Rajasa untuk maju kembali sebagai calon ketua umum PAN.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan, agar Hatta Rajasa tidak maju lagi menjadi calon ketua umum, karena tradisi di PAN ketua umum hanya satu periode. Di sisi lain, Amien Rais juga menyatakan secara tersirat akan mendorong Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan, yang juga besan Amien Rais, sebagai calon ketua umum.

"Adanya dukungan DPW-DPW PAN terhadap Hatta Rajasa ini adalah aspirasi kader. Saya berharap Pak Amien berjiwa besar untuk melihat realitas aspirasi kader," katanya.

Wahyuni juga berharap keinginan Amien Rais untuk mendorong Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum bukan karena faktor keluarga, tapi benar-benar atas pertimbangan kapasitas. Mendorong keluarga untuk menjadi calon ketua umum, menurut dia, sah-sah aja asalkan memenuhi persyaratan dan memiliki kapasitas yang mumpuni.

"Saya melihat, Zulkifli Hasan maupun Hanafi Rais (putra Amien Rais) memiliki potensi sebagai calon pemimpinan, tapi sebaiknya pada periode berikutnya.

Mantan Ketua Umum GMNI ini menilai, kader terbaik PAN saat ini adalah Hatta Rajasa yang layak untuk diusung kembali sebagai ketua umum PAN periode 2015-2020. Rapat kerja Nasional (Rakernas) PAN di Jakarta, Rabu (7/1), memutuskan DPP PAN akan menyelenggarakan kongres di Bali pada 28 Februari hingga 2 Maret 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement