Ahad 30 Nov 2014 11:44 WIB

Siapkan Asian Games, Jakarta Berguru pada London

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Walikota London, Boris Johnson.
Foto: milligazette.com
Walikota London, Boris Johnson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DKI Jakarta akan segera menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, Pemprov DKI akan berguru pada Pemerintah Kota London dalam menyiapkan acara besar tersebut.

Ahok, usai sarapan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota London Boris Johnson mengatakan, London telah sukses menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2012. Untuk menggelar even berkelas dunia tersebut, Pemerintah Kota London membutuhkan waktu sepuluh tahun. Sedangkan Jakarta hanya memiliki waktu tiga tahun untuk mempersiapkan Asian Games 2018.

Karenanya, kata Ahok, Pemprov DKI Jakarta perlu belajar dari London. "Dia (Boris Johnson) mau bantu. Kita ingin Asian Games sukses, kita mau belajar dari mereka," ujar mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut di Istana Kepresidenan, Ahad (31/11).

Menurut Ahok, saat ini pihaknya masih menunggu presiden mengeluarkan Surat Keputusan (SK) soal penanggung jawab komite untuk Asian Games. Sambil menunggu SK terbit, lanjut Ahok, pemerintah terus menyiapkan kebutuhan acara, mulai dari membangun fasilitas yang akan dipakai untuk pertandingan sampai memperbaiki sarana transportasi.

Padi tadi, sebelum sarapan bersama di Istana, Presiden Jokowi, Ahok, dan Boris Johnson, bersepeda bersama di area Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin Jakarta. Dalam kunjungannya ke Jakarta kali ini, Boris, yang dikenal gemar bersepeda, juga menyumbang 12 unit sepeda pada Pemprov DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement