Kamis 06 Nov 2014 13:27 WIB

Pengamat: Jokowi Harus Sampaikan Kebijakan Terkait BBM

Rep: c08/ Red: Bilal Ramadhan
Seorang kakek menunggu antrean pengisian BBM dengan membawa jeriken di SPBU Anjatan, Indramayu, Selasa (26/8).(Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Seorang kakek menunggu antrean pengisian BBM dengan membawa jeriken di SPBU Anjatan, Indramayu, Selasa (26/8).(Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menyerankan kepada Presiden Joko Widodo agar segera menyampaikan sikap tegasnya terkait isu kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Emrus melihat, saat ini, isu seputar kepastian kenaikan BBM sudah beredar luas di masyarakat. Hal ini menurut Emrus perlunya ketegasan sikap dari seorang presiden. "Selama ini yang ngomong BBM naik cuma JK (Jusuf Kalla). Kini saatnya Jokowi ngomong. Biar masyarakat nggak bingung," kata Emrus saat dihubungi Republika, Kamis (6/11).

Emrus juga berpendapat, sikap Jokowi terhadap kenaikan BBM harus disertai alasan kuat yang busa diterima seluruh masyarakat. Tidak hanya mengedepankan perspektif ekonomi, namun kata Emrus Jokowi juga harus menjelaskan dari sisi sosiologis masyarakat, sisi psikologis, hingga sisi politik yang ikut ramai karena isu BBM.

"Kalau mau menaikan degan penjelasan, kalau tidak jadi naik juga disertai penjelasan," ucap Emrus.

Emrus kemudian ikut menyoroti adanya pandagan berbeda dari PDI Perjuangan seputar pencabutan subsidi BBM. Menurut Emrus, pihak PDIP yang menentang kenaikan BBM karena memiliki kekhawatiran masyarakat akan semakin miskin, namun  justru menguntungkan kalangan neoliberal.

Meski menolak, pendapat dari politisi PDIP yang kontra kenaikan BBM seperti Rieke Diah Pitaloka, Efendy Simbolon dan kawan-kawan juga mesti diakomodir oleh pemerintah. Karena penolakan merek ini menurut Emrus punya catatan mendasar yang penting untuj dipertimbangkan.

"(Politisi PDIP) Yang menolak kenaikan BBM tentu menginginkan adanya komitmen penuh pemerintah buat memperbaiki tata kelola niaga dari bahan bakar. Pemerintah harus beranu menjanjikan itu. Selama ini pengelolaan bahan bakar banyak yang bocor;" kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement