Kamis 16 Oct 2014 13:44 WIB

Telkom Kalbar Dukung Perluasan Pasar UMKM

Logo of PT Telkom Indonesia (illustration)
Foto: telkom.co.id
Logo of PT Telkom Indonesia (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK--PT Telkom Cabang Kalimantan Barat siap mendukung sektor UMKM dalam memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Menurut General Manajer PT Telkom Cabang Kalbar Bagus Herdianto di Pontianak, Kamis, sektor UKMK Kalbar memiliki potensi yang berlimpah. "Didukung oleh sumber daya alam dan manusianya," ujar dia.

Namun, lanjut dia, kalau hanya mengandalkan pasar di Kalbar, daya serapnya terbatas. Ia mencontohkan kain tenun yang nilainya jutaan rupiah yang dihasilkan perajin Kalbar.

"Untuk dijual di Kalbar, mungkin hanya sedikit terserap. Tapi kalau dijual ke luar negeri, menggunakan mata uang dolar, pasti lebih laris," ucap dia. Ia menambahkan, Telkom Kalbar mempunyai program mitra binaan dan bina lingkungan yang sumber dana dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Tahun ini, total dana yang disiapkan sebesar Rp 12 miliar. Selain menyalurkan dana bergulir, PT Telkom Cabang Kalbar juga akan melatih dan membimbing para penerima.

"Minimal nantinya mereka mempunyai e-mail, dan dapat bergabung dengan berbagai komunitas terkait," tutur Bagus.

Kemudian, mendapat pemahaman mengenai cara bertransaksi di dunia maya. "Karena ada asas-asas yang harus diikuti dan dipatuhi," ujar dia.

PT Telkom sendiri mempunyai program yang dapat diaplikasikan langsung untuk pemasaran di internet. "Biaya hanya dikenakan ketika terjadi transaksi, itupun hanya Rp100 per transaksi," ucapnya.

PT Telkom Cabang Kalbar juga siap mendukung pemerintah daerah dalam memberi pelatihan. "Kalau pemda siapkan 'hard skill', Telkom 'soft skill'-nya," tutur Bagus Hendiarto.

Di ajang pameran UMKM Tahun 2014 Provinsi Kalbar, Telkom Cabang Kalbar mengikutsertakan dua mitra binaan yang memproduksi kerajinan tangan dari Kabupaten Sintang dan Pontianak.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement