Selasa 14 Oct 2014 02:52 WIB

Kontes Mobil Irit Kembali Digelar

Rep: c54/ Red: Esthi Maharani
Mobil hemat energi buatan ITS
Foto: Istimewa
Mobil hemat energi buatan ITS

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Pagelaran kompetisi mobil irit Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014 siap digelar kembali di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya pada 16-19 Oktober mendatang. Untuk kali ketiga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) menjadi tuan rumah ajang tahunan tersebut.

IEMC merupakan kompetisi kendaraan irit bahan bakar untuk mahasiswa seluruh Indonesia baik dari perguruan tinggi negari ataupun lembaga pendidikan yang terafiliasi dengan perguruan tinggi negeri. Tahun 2014 ini, IEMC mengambil tema “Innovate and Inspire”. Seperti tahun lalu, ada dua jenis kompetisi dalam IEMC, yaitu kompetisi on track (dalam sirkuit) dan kompetisi off track (di luar sirkuit).

Kompetisi on track meliputi kecepatan dan keiritan bahan bakar, sedangkan kompetisi off track meliputi best design, best team dan best video. Kategori lomba pun dibagi dua, yaitu kategori urban concept dan prototype. Namun, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini IEMC akan membuka kelas baru yakni kelas etanol di kedua kategori tersebut. Tahun lalu, IEMC memang hanya membuka tiga jenis kelas, yakni kelas bensin, listrik dan  solar di tiap kategori.

Ketua panitia IEMC 2014 Bambang Arip Dwiyantoro menyampaikan, kelas etanol memang baru dibuka tahun ini. “Hal itu untuk memotivasi mahasiswa agar lebih bisa mencari bahan bakar alternatif untuk kendaraan,” ujar dosen Teknik Mesin ITS ini dalam temu wartawan di gedung Rektorat ITS, Senin (13/10).

Selain membuka kelas baru, ada beberapa hal lainnya yang berbeda untuk IEMC 2014 ini. Di antaranya adalah dibukanya open recruitment bagi mahasiswa dari kampus lain untuk menjadi panitia IEMC 2014. Hingga sekarang ada berberapa perwakilan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Insititut Teknologi Medan (ITM) di kepanitiaan IEMC 2014.

Selain itu, durasi penyelenggaraan acara juga diperpanjang. Jika tahun kemarin IEMC hanya digelar selama tiga hari, kali ini akan digelar selama empat hari. “Hal ini tak lepas dari banyaknya jumlah peserta IEMC yang naik secara drastis tahun ini,” ujar Bambang

Dibandingkan tahun lalu, Bambang melanjutkan,  peserta IEMC tahun ini naik sebesar 60 persen, yakni sekitar 68 tim yang akan berlaga.  Tahun ini pun juga terdapat kategori juara umum untuk IEMC. Maka dari itu, persaingan antar perguruan tinggi pun dipastikan akan semakin ketat.

Bambang mengungkapkan, tahun ini seluruh perguruan tinggi sedang berbenah untuk kompetisi IEMC 2014. “Banyak juga perguruan tinggi yang memulai debut mobil irit bahan bakar ini di IEMC 2014, sehingga kompetitor ITS semakin banyak,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement