Kamis 17 May 2012 23:48 WIB

Seniman Iran Klaim 'Seribu Satu Malam' Berasal dari Persia

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Aladin
Foto: fachrizal777.blogspot.com
Aladin

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Penulis dan pembuat film asal Iran mengklaim kisah Seribu Satu Malam berasal dari Persia. Ia menyajikan bukti-bukti tersebut dalam bukunya yang berjudul "Where Are Thousand Legends?".

Dalam buku barunya Bahram Beizai menyajikan bukti dan dokumen yang berasal dari Persia mengenai kisah Seribu Satu Malam. Menurutnya selama ini kisah tersebut lebih dikenal berasal dari Arab, padahal kisah-kisah dalam Seribu Satu Malam berakar pada sejarah Persia.

"Where Are Thousand Legends?" akan diluncurkan dalam sebuah acara Forum Artis di Iran. Dalam acara tersebut sejumlah ulama seperti Rezai-Rad dan Hamid Amjad akan menyampaikan testimoninya menyenai buku karya Beizai tersebut.

Beizai mengaku bukunya tersebut merupakan hasil dari studi ekstensif yang dilakukannya dari berbagai teks sejarah.

Kisah Seribu Satu Malam tak hanya populer di negara-negara Arab. Kisah-kisah seperti Aladin, Ali Baba, Sindbad bahkan telah menjadi bagian dari cerita rakyat yang populer di Negara Barat.

Beizai merupakan salah satu pembuat film yang paling menonjol di Iran. Ia telah memenangkan banyak penghargaan nasional dan internasional. Ia membuat film pendek pertamanya pada 1962 dan film panjang pertamanya pada 1971.

sumber : Press Tv
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement