Jumat 15 Dec 2017 23:00 WIB

BMKG: Jawa Tengah Berpotensi Hujan Ringan

Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Jawa Tengah pada malam hari.

"Sebagian besar wilayah Jawa Tengah berpotensi hujan ringan pada awal malam hingga malam hari," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat (15/12).

Dia menjelaskan, berdasarkan data cuaca di Stasiun Geofisika Banjarnegara pada Jumat malam, diketahui bahwa hujan ringan berpotensi di wilayah Solo raya. "Selain itu, sebagian besar Pantura Tengah-Timur pada malam hari hingga tengah malam," katanya.

Sementara itu, tinggi gelombang di Laut Jawa, kata dia, berkisar antara 0,2 hingga 1,25 meter. Dan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter.

Sementara itu, di Kabupaten Banjarnegara, kata dia, juga berpotensi hujan ringan. Dia juga menambahkan, angin bertiup dari arah Selatan menuju Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 15 kilometer/jam.

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berlaku mulai 13 hingga 15 Desember 2017.

BMKG memprakirakan, adanya tekanan rendah di perairan Tenggara Filipina dan di sebelah Timur Jawa Timur yang mengakibatkan area belokan angin dan pertemuan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah sehingga menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, ada aliran massa udara basah dari Barat yang menyebabkan kondisi udara di sekitar Jawa Tengah menjadi sangat tidak stabil (labil).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement