Selasa 06 May 2014 16:34 WIB

Jokowi: Undur Diri Belum Tentu Diizinkan, Saya Pilih Cuti

Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Prayogi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku saat ini tengah mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan pengajuan cutinya.

"Saya belum mengajukan permohonan cuti. Sekarang saja baru dipersiapkan surat-suratnya untuk pengajuan cuti non-aktif," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/5).

Jokowi mengaku, lebih memilih untuk mengambil cuti dari pada mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Gubernur DKI saat ini karena belum mendapatkan izin dari DPRD DKI Jakarta.

"Kalau saya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan yang sekarang, apakah anggota dewan (DPRD DKI) akan mengizinkan saya. Kan belum tentu. Makanya, saya pilih cuti," ujar Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini mengambil cuti untuk menjalani proses pencalonan presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak keberatan apabila menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta selama Jokowi menjalani masa cuti.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, Jokowi memang seharusnya langsung mengambil cuti panjang untuk menjalani masa pencalonan presiden, bukan cuti yang sebentar-sebentar.

"Memang lebih baik sekaligus ambil cuti panjang saja, jangan sepotong-sepotong karena aturan cuti kan memang begitu. Dan memang lebih baik cuti dari pada mundur dari jabatannya, karena nanti proses perizinannya lebih lama," ungkap Ahok.

Ahok memperkirakan, Jokowi akan mengambil cuti sejak hari pertama pembukaan pendaftaran sebagai calon presiden, yaitu pada 18 Mei 2014 hingga adanya keputusan presiden terpilih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement