Kamis 17 Apr 2014 22:38 WIB

Angka Kematian Ibu Melahirkan Meningkat di Sulbar

Ibu melahirkan
Ibu melahirkan

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Angka kematian ibu melahirkan di Provinsi Sulawesi Barat mengalami kenaikan dari 185 kasus menjadi 243 kasus pada tahun 2013.

Asisten II Pemprov Sulbar, Nuralam Thahir, di Mamuju, Kamis, mengatakan salah satu tugas pemerintah di Sulbar dalam meningkatkan pelayanan kesehatan adalah menurunkan angka kematian ibu yang terus meningkat.

Berdasarkan data pemerintah, angka kematian ibu (AKI) melahirkan naik dari sekitar 185 kasus menjadi 243 kasus pada 2013 di Sulbar

Kasus kematian ibu melahirkan disebabkan rendahnya kesadaran mereka untuk memeriksakan diri ke tempat layanan medis serta jarak kelahiran anak yang tidak teratur secara optimal.

Berdasarkan data kesehatan, sekitar 60 persen ibu hamil melakukan persalinan di rumah sehingga tidak jarang ada yang mengalami kematian akibat terjadi komplikasi dalam proses melahirkan.

"Jika persalinan di rumah menghadapi masalah komplikasi atau terjadi pendarahan, maka ini menjadi pemicu bertambahnya kasus AKI melahirkan," terangnya.

Oleh karena itu, ia juga mengharapkan agar masyarakat hendaknya tetap melakukan kontrol kesehatan ke bidan di pusat pelayanan kesehatan secara rutin guna menghindari kasus yang tidak dikehendaki disaat hamil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement