Rabu 26 Feb 2014 16:43 WIB

Jumat, Perdana Menteri Palestina Bertemu SBY

Rep: Esthi Maharani/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah beserta delegasi akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Ia akan berada di tanah air sejak 28 Februari hingga 2 Maret 2014.

Agenda pertama yang akan dilakukan adalah menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (28/2). Staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah mengetakan kunjungan resmi tersebut merupakan kali pertama bagi PM Palestina sejak dilantik sebagai perdana menteri pada Juni tahun lalu.

Sedangkan bagi Presiden SBY pertemuan dengan Perdana Menteri Palestina sudah berlangsung dua kali yakni pada 2007 dan 2010 ketika perdana menterinya masih dijabat oleh Mahmoud Abbas.Rencananya, kedua pimpinan negara itu akan membahas sejumlah kerja sama bilateral seperti bidang ekonomi, politik, hingga social budaya.

“Presiden Yudhoyono dan PM Hamdallah juga akan membahas perkembangan terkini di kawasan, utamanya kawasan Timur Tengah,” katanya, Rabu (26/2).

Presiden SBY, lanjutnya, pasti akan tetap menegaskan komitmen penuh Indonesia untuk terus mendukung kemerdekaan dan kedaulatan negara Palestina.Selain bertemu Presiden SBY, PM Palestina juga akan menghadiri Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke-2 di Jakarta.

Forum ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kontribusi negara-negara peserta terhadap upaya pembangunan nasional Palestina, terutama melalui program-program peningkatan kapasitas. Dalam pelaksanaannya kali ini, CEAPAD akan diketuai bersama oleh Palestina, Jepang dan Indonesia. Presiden SBY pun direncanakan akan menyampaikan pidato pembukaan forum tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement