Sabtu 15 Feb 2014 13:58 WIB

Transportasi Murah Diharapkan Jadi Skala Prioritas Pemda

Angkutan Umum
Foto: Antara
Angkutan Umum

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Transportasi murah harus menjadi prioritas pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, karena menyangkut kebutuhan masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah, kata seorang legislator.

"Peremajaan oplet dan bus kota yang layak harus dilakukan karena sangat dibutuhkan warga," kata anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Masni Ernawati di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, pemerintah daerah harus memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan oplet (angkot) yang dibutuhkan warga.

Dia menambahkan, tindakan Dinas Perhubungan setempat untuk menertibkan oplet reot yang masih beroperasi merupakan langkah tepat karena untuk keamanan dan kenyamanan.

Namun bila petugas tidak melakukan peremajaan oplet tentu saja bukan jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah transportasi darat di Pekanbaru.

Belakangan ini, katanya, memang banyak oplet yang reot masih beroperasi, tindakan merazia dan dikandangkan harus disertai solusi terbaik.

Dia mengharapkan peremajaan oplet dilakukan karena sarana transpotasi darat bagi publik kalangan bawah itu mutlak dilaksanakan.

Meski pemerintah sudah menyediakan bus Trans Metro Pekanbaru (sejenis Busway di Jakarta) tapi hanya kalangan dan jurusan tertentu yang mau naik, dan lainnya lebih memilih oplet.

Keberadaan oplet dibutuhkan karena dapat masuk ke perumahan dan lingkungan penduduk serta ke jalan kecil bila warga membawa barang, hal itu tidak berlaku bila naik bus Trans Metro.

Meski begitu, pihaknya memberikan acungan jempol terhadap kinerja Dinas Perhubungan setempat yang telah menyediakan beragam jenis transportasi massal demi memudahkan warga untuk bepergian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement