Sabtu 28 Dec 2013 14:29 WIB

Din: Umat Islam Tak Boleh Tertinggal Penguasaan Iptek

Din Syamsuddin
Foto: Fian Firatmaja/ROL
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebagai agama samawi, ajaran Islam tidak pernah bertentangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan Islam menekankan pentingnya pengembangan iptek bagi kemaslahatan umat manusia. 

''Karena itu, umat Islam seharusnya tidak boleh tertinggal dibandingan umat-umat agama yang lain dalam hal penguasaan iptek,'' jelas Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, saat membuka acara 'National Olimpiad and Internasional Conference for Education, Technology and Science (NETS) 2013', di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu (28/12).

Mengutip beberapa ayat suci dalam Alquran, Din menyatakan, Islam bahkan sangat mendorong umatnya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

''Untuk itu, Muhammadiyah yang banyak memiliki amal usaha di bidang pendidikan harus menyadari hal ini. Melalui amal usaha pendidikan yang dikelola, Muhammadiyah harus mampu menciptakan manusia yang memiliki kemampuan SDM unggul dalam bidang iptek,'' katanya.

Din menyatakan, di era globalisasi seperti sekarang ini, aspek kuantitas atau besarnya jumlah suatu umat, sudah tidak dianggap penting lagi. Yang terpenting, adalah bagaimana kualitas sumber daya manusianya.

Untuk itu, Muhammadiyah ke depan, juga tidak bisa lagi hanya mengandalkan banyaknya umat yang menjadi anggota persyarikatan. ''Muhammadiyah ke depan, harus lebih berorientasi pada kualitas. Ini yang harus kita pikirkan bersama,'' katanya.

Din menekankan, melalui amal usaha bidang pendidikan yang dimiliki, Muhammadiyah memiliki kesempatan untuk menciptakan kualitas SDM yang unggul.

''Untuk itu, sekolah-sekolah Muhammadiyah ke depan, harus menjadi yang terbaik dalam hal kualitas pendidikan yang diselenggatakannya. Sekolah-sekolah Muhammadiyah, tidak boleh kalah dengan sekolah-sekolah lain,'' tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement