Selasa 17 Dec 2013 13:00 WIB

Musim Hujan, Harga Cabai dan Bawang Merah Melonjak

Rep: Yulianingsih/ Red: A.Syalaby Ichsan
  Pedagang mengemasi cabai-cabai yang dibeli pelanggannya di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).   (Republika/Aditya Pradana Putra)
Pedagang mengemasi cabai-cabai yang dibeli pelanggannya di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Harga bumbu dan sayur di pasar tradisional di Yogyakarta meningkat tajam. Kenaikannya bahkan mencapai Rp 5 ribu per kilogramnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga bawang merah di Pasar Beringharjo, Yogyakarta mencapai Rp 25 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga bawang putih justru stabil di Rp 12 ribu per kilogram. "Baru pekan ini harganya naik, barangnya semakin sulit karena hujan banyak yang busuk," ujar Hayat, pedagang bumbu di Lantai 2 Pasar Beringharjo, Selasa (17/12).

Selain bawang merah, semua jenis cabe juga mengalami kenaikan signifikan. Harga cabe merah rawit saat ini mencapai Rp 25 ribu dari sebelumnya hanya Rp 18 ribu per kilogramnya.

Harga cabai keriting merah saat ini mencapai Rp 25 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kilogramnya. Harga cabe rawit hijau naik menjadi Rp 12 ribu dari sebelumnya Rp 10 ribu per kilogram saja. Cabai merah besar menjadi Rp 34 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 25 ribu saja.

"Harga ini akan terus naik, karena barangnya juga sulit," kata Yani, pedagang sayur di Lantai 2 Pasar Beringharjo.Berbeda dengan harga sayuran dan bumbu, harga beras justru stabil. Harga beras di Yogyakarta masih berkisar antara Rp 8.000 samai Rp 9.000 per kilogramnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement