Ahad 01 Dec 2013 14:31 WIB

Ini Dia Sosok Presiden yang Dibutuhkan Rakyat Indonesia

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Nidia Zuraya
Pemilu 2014
Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia rakyat membutuhkan pemimpin yang amanah atau jujur dan perhatian kepada rakyat dari pada hanya sekedar pintar. Berdasarkan enam kriteria kepemimpinan faktor amanah atau jujur menduduki rangkin tertinggi.

Kualitas paling tinggi yang dipilih responden dalam survei yakni  capres yang  jujur atau amanah 51 persen, perhatian pada rakyat 24 persen, mampu memimpin 12 persen, tegas 7  persen, berwibawa 3 persen, pintar hanya 1 persen. "Pintar itu bagi rakyat tidak  penting,  pintar  itu  malah berbahaya karena  bisa minterin rakyat," kata Burhanuddin di Jakarta, Ahad, (1/12).

Bagi pemilih, terang Burhanuddin, amanah atau jujur dianggap kriteria yang paling penting karena menyangkut integritas. Lalu yang kedua adalah perhatian Kepada rakyat agar pemimpin bisa memperjuangkan harapan rakyat.

"Kalau ada capres yang punya dua kriteria itu kemungkinan besar dia akan terpilih atau menjadi pemenang  dalam pilpres. Maka tugas partai untuk mencari sosok semacam itu," kata Burhanuddin.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu atau berusia 17 tahun ke atas. Margin of error survei ini  kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden disurvei dengan wawancara tatap muka di mana satu pewawancara bertugas mewawancara 10 responden. Waktu wawancara di lapangan 10-20 oktober 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement