Selasa 03 Sep 2013 14:52 WIB

Kontes "Miss World" Beri Efek Ganda ke Indonesia, Apa Itu?

Miss World
Miss World

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pengamat ekonomi I Gusti Wayan Murjana Yasa berpendapat kontes ratu kecantikan dunia "Miss World" dapat memberi efek ganda secara ekonomis bagi Bali dan Indonesia.

"Kontes Miss World akan memberikan efek ekonomi ganda, diantaranya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Bali, asalkan didukung berbagai aktivitas seperti penampilan kesenian, penggunaan tenaga lokal, dan produk-produk daerah," kata akademisi dari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana itu, di Denpasar, Selasa (3/9).

Wayan mengapresiasi rencana panitia yang akan minta kontestan "Miss World" untuk menggunakan "endek" atau kain khas setempat pada salah satu agenda karantina di Bali. Demikian juga diagendakan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Pulau Dewata.

"Endek adalah salah satu produk lokal Bali yang sangat layak dikenalkan pada dunia internasional. Selain endek, hendaknya para kontestan dapat disuguhi kuliner tradisional. Banyak produk lokal kita yang layak diperkenalkan pada kontes Miss World sehingga dapat memberi kemanfaatan bagi masyarakat kita," ujar Wayan.

Namun, jika ajang ratu kecantikan itu sangat minim menggunakan produk dan tenaga lokal, maka tidak dapat mengakselerasi pendapatan masyarakat Bali.

Dari sisi pariwisata, menurut Wayan, kontes Miss World semakin menggaungkan nama Bali ke dunia internasional karena dapat menjadi sarana promosi gratis. Apalagi kalau penyelenggaraannya berjalan sukses dan aman.

"Tidak hanya bagi Bali, sekaligus Indonesia secara keseluruhan karena di dunia internasional tidak bisa dilepaskan bahwa akan disebut-sebut juga Indonesia menjadi tuan rumah ajang kecantikan itu," kata Wayan.

Di sisi lain, kata dia, kontes tersebut dapat menjadi ajang pengembangan budaya internasional. Kontes Miss World juga memberikan dampak positif membangkitkan motivasi, inovasi dan kreativitas dari masyarakat Bali dan juga Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement