Jumat 23 Aug 2013 17:00 WIB

Polres di Papua Diminta Waspadai Kapal Freedom Flotila

Map of Indonesia (green) and Papua New Guinea (orange)
Foto: en.wikipedia.org
Map of Indonesia (green) and Papua New Guinea (orange)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol I Gde Sumerta Jaya mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada polres-polres yang ada di wilayah tersebut untuk mengantisipasi kedatangan kapal asing Freedom Flotila yang akan masuk di wilayah tersebut.

"Mereka yang diminta waspada di antaranya Polres Merauke, Biak, Timika, Yapen dan Asmat serta Keerom. Pokoknya yang ada lautannya atau pantainya diminta waspada," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol I Gde Sumerta Jaya di Jayapura, Jumat (23/8).

Pernyataan ini disampaikan menyusul adanya isu yang berkembang jika sejumlah aktivis Papua dan Australia yang mengkampanyekan Papua Merdeka.

Kabid Humas menerangkanm bahwa jajaran yang ada dibawahnya terutama yang berhubungan dengan batas pantai ataui laut diminta untuk tingkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi isu tersebut.

"Yang jelas tempat atau daerah yang ada pantai yang berpotensi disinggahi agar dijaga. Jika ada kelompok tersebut masuk ke wilayah kita tentunya yang akan ditanya adalah dokumen kelengkapannya seperti visa dan paspor. Jika tidak tentunya kita amankan dulu mengamankan mereka dulu," katanya.

Untuk itu, mantan Kapolres Jayawijaya itu katakan bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti dengan Imigrasi, Lantamal X dan Syahbandar guna mengantisipasi kedatangan Freedom Flotilla ke Papua. "Kami tetap menjalin komunikasi dengan pihak terkait, agar hal ini bisa dipantau dengan baik," katanya.

Diketahui , berbagai isu yang berkembang di Papua dan sekitarnya bahwa dikabarkan sekitar 50-an aktivis Papua dan Australia akan ke provinsi paling timur Indonesia itu. Dengan menggunakan tiga buah kapal layar yang rencananya akan merapat di Papua pada awal September.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement