Selasa 29 Jan 2013 10:04 WIB

Indonesia-Pakistan Bisa berperan Menyelesaikan Isu Afghanistan

Pasukan AS di Afghanistan
Foto: Reuters
Pasukan AS di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad berpendapat pemerintah Indonesia dan Pakistan bisa memainkan peran lebih besar lagi untuk bahu-membahu mengambil bagian dalam penyelesaian isu Afghanistan.

"Peluang terbuka lebar bagi kedua negara untuk membangun poros Jakarta dan Islamabad agar masalah terorisme dan arus pengungsi yang terjadi akibat kemelut politik yang berkepanjangan di Afghanistan segera teratasi, " kata Burhan kepada wartawan Indonesia yang sedang press tour atas undangan pemerintah Pakistan, di Islamabad, Selasa (29/1).

Menurut dia, stabilitas politik diperlukan di Afghanistan, terutama menjelang dan pascapenarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya seperti yang telah dinyatakan oleh Presiden AS Barrack Obama beberapa waktu lalu.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan, ujar Burhan, untuk membangun sikap saling percaya antara pemerintah Pakistan dan rezim yang berkuasa di Afghanistan mengenai keterlibatan Pakistan yang juga ikut menanggung beban berupa pengerahan pasukan di tapal batas untuk menjaga keamanan dan juga beban ekonomi akibat mengalirnya jutaan pengungsi ke negara itu.

Menurut catatan, Pakistan harus menempatkan sekitar 150 ribu anggota pasukannya untuk menjaga keamanan dan mencegah kemungkinan aksi-aksi teroris di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan. Sekitar 7.000 anggota pasukan Pakistan dan polisi serta 37 ribu warga sipil yang tidak berdosa tewas dalam berbagai aksi terorisme selama tiga dekade terakhir.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement