Selasa 11 Dec 2012 15:18 WIB

Cirebon Kekurangan Vaksin Flu Burung

Rep: Lilis Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Flu burung, ilustrasi
Foto: Antara
Flu burung, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Musim penghujan menimbulkan kerawanan menyebarnya penyakit flu burung pada unggas. Namun di Kabupaten Cirebon, belum semua unggas divaksinasi akibat minimnya jumlah vaksin.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Efendi, menyebutkan, kerawanan berjangkitnya flu burung pada unggas itu terutama dikhawatirkan terjadi pada daerah-daerah endemik flu burung. 

Ali menyebutkan, ada sekitar delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon yang masuk kategori endemik virus tersebut. Diantaranya, Kecamatan Babakan, Sumber, Beber, dan Sedong.

''Daerah-daerah itu selalu kami pantau,'' ujar Ali, kepada Republika, Selasa (11/12).

Ali menjelaskan, jumlah unggas jenis ayam buras di Kabupaten Cirebon seluruhnya ada sekitar 1,6 juta ekor. Namun dari jumlah tersebut, baru kurang lebih 250 ekor yang sudah divaksin dan 250 ekor lainnya sedang dalam proses vaksinasi.

Ali mengakui, kondisi itu terjadi akibat minimnya jumlah vaksin yang dimiliki instansinya. Karena itu, belum semua unggas menerima vaksinasi. ''Ya pengadaannya terbatas,'' tutur Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement