Jumat 20 Jul 2012 22:52 WIB

Karawang Siapkan Papan Petunjuk Mudik Sepeda Motor

Pemudik sepeda motor
Foto: Antara
Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai menyiapkan papan petunjuk arah untuk memudahkan para pemudik bersepeda motor tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya yang melintasi wilayah Karawang.

"Mulai saat ini kami sudah menyiapkan papan petunjuk arah dan melakukan perbaikan rambu-rambu lalu lintas menjelang musim mudik lebaran 2012," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi setempat Rochuyun di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan, papan petunjuk arah tersebut akan dipasang di sepanjang titik jalur mudik lebaran khusus sepeda motor, mulai dari Johar-Telagasari-Wadas-Cilamaya-Cikalong hingga menuju perbatasan Karawang-Subang.

Rencana pemasangan papan petunjuk arah itu dilakukan karena pada musim mudik ini jalur khusus sepeda motor berbeda dengan jalur mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Pada musim mudik lebaran tahun ini, para pemudik bersepeda motor tidak akan melewati Cikalong. Tetapi rencananya akan dialihkan ke jalan alternatif hingga ke Blanakan, Subang, sampai akhirnya ke jalur pantura wilayah Subang.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kemacetan panjang di wilayah pertigaan Cikalong-jalur pantura Karawang, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, selain menyiapkan papan petunjuk arah, pihaknya juga mengintensifkan koordinasi dengan aparat kepolisian setempat dan berbagai organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab karawang. "Untuk papan petunjuk arah, maksimal H-10 lebaran nanti sudah terpasang," kata dia.

Pemkab Karawang melalui Dinas Cipta Karya juga akan memasang sekitar 130 titik lampu penerang jalan umum (PJU) di sepanjang jalur mudik lebaran 2012 yang biasa dilintasi para pemudik sepeda motor tujuan Jakarta dan sekitarnya serta menuju jalur pantura.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Cipta Karya Karawang Novi Gunawan mengatakan, saat ini di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor (Johar-Telagasari-Wadas-Cilamaya-Cikalong) sangat gelap pada malam hari karena di sepanjang jalan itu hampir tidak ada lampu PJU.

"Jalur itu sangat gelap pada malam hari. Jadi untuk memperlancar arus mudik lebaran tahun ini, kami akan memasang lampu PJU di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement