Senin 16 Jul 2012 17:45 WIB

Jelang Lebaran Wesel Pos Diprediksi Naik 200 Persen

Rep: Yulianingsih/ Red: Dewi Mardiani
Logo PT Pos Indonesia
Logo PT Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kantor Pos Indonesia memprediksikan pengiriman wesel melalui pos akan terus mengalami peningkatan secara signifikan mendekati perayaan lebaran tahun ini. Bahkan Kepala Kantor Pos Yogyakarta, Felix Firmano, mengatakan pengiriman wesel pos jelang lebaran bisa meningkat 200 persen dibanding hari biasa.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu peningkatan wesel pos bisa mencapai 200 persen," tegasnya di Balaikota Yogyakarta, Senin (16/7).

Menurutnya, saat ini pengguna jasa wesel mencapai 150 hingga 200 transaksi per hari. Jumlah itu kata dia, meningkat hingga 400 hingga 500 per hari. Jasa wesel tersebut masih menjadi salah satu produk primadona di antara produk lainnya. Layanan e-mobile kata dia juga dipersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi antrian cukup panjang.

Selain peningkatan layanan wesel, beberapa produk seperi Pos Express, Pos Kilat Khusus serta Pos Kartu Lebaran juga menjadi titik perhatian petugas. Khusus untuk Pos Express, pengiriman dokumen, surat maupun barang atau paket dengan tujuan kota dalam negeri, waktu tempuhnya maksimal satu hari.

Sehingga, jika ada keterlambatan pengiriman, pemakai jasa dapat melakukan klaim ganti rugi kepada PT Kantor Pos. Sedangkan untuk Pos Kartu Lebaran, Kantor Pos mengintensifkan produk Pos AdMail, serta Perangko Identitas Milik Anda atau Prisma. Pada layanan Pos AdMail tersebut, kartu ucapan maupun kartupos dicetak sepenuhnya oleh Kantor Pos.

Manager Penjualan Kantor Pos Yogyakarta, Sugeng Salyono mengatakan, pengguna jasa cukup mengirimkan data nama dan alamat orang yang akan dikirimi kartu ucapan. Hanya, layanan Pos AdMail masih terbatas untuk pencetakan minimal 10 ribu kartu atau paket dengan harga minimal Rp 6 ribu per paket.

"Dengan layanan ini, maka pengguna tidak perlu repot untuk melakukan percetakan atau pengiriman. Biasanya, layanan ini digunakan oleh perusahaan dengan customer besar," jelas

Selain itu, untuk meminimalisir pemudik dengan sepeda motor, pada akhir Bulan Juli ini, Kantor Pos juga akan melayani paket sepeda motor. Kini pihaknya masih melakukan pendataan untuk kantor cabang yang dapat memberikan layanan paket sepeda motor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement