Sabtu 07 Jul 2012 20:42 WIB

MUI Imbau Pemilik Hotel di Pamekasan Terapkan Konsep Islami

Kamar hotel/ilustrasi
Foto: wikipedia
Kamar hotel/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan, mendorong para pemilik hotel di wilayah itu agar menerapkan konsep bisnis dan pengelolaan hotel yang bernuansa Islami.

"Di kota-kota besar seperti di Jakarta konsep penerapan hotel Islami ternyata mendapatkan minat masyarakat. Kami yakin di Pamekasan konsep ini bisa diterapkan," kata Sekretaris MUI Pamekasan, Zainal Alim, Sabtu (7/7).

Zainal mengemukakan, ada beberapa pertimbangan MUI terkait gagasan lembaga itu mendorong pemilik hotel di Pamekasan itu penerapan konsep pengelolaan yang Islami.

Selain karena masyarakat Pamekasan secara khusus dan Madura pada umumnya telah dikenal sebagai masyarakat yang taat pada agama, juga penerapan hotel Islami itu juga sebagai upaya untuk mendukung program pemkab. Sejak tahun 2002, pemkab telah mencanangkan program gerakan pembangunan masyarakat islami (Gerbang Salam). Gerakan ini dicanangkan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai-nilai ke-Islam-an dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Zainal Alim, beberapa waktu lalu, MUI telah melakukan kajian tentang potensi bisnis hotel Islami dengan mendatangkan manajemen salah satu hotel di Jakarta yang selama ini telah menerapkan konsep bisnis hotel yang Islami. "Hasilnya ternyata sangat potensial, bahkan kalau diterapkan di Pamekasan konsep hotel yang bernuansa Islami ini kami kira akan sangat menguntungkan," tuturnya, menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement