Selasa 03 Jul 2012 06:03 WIB

DMI: Manajemen Masjid Perlu Diperbaiki

(Ilustrasi)
Foto: Antara
(Ilustrasi)

REPUBLIKA, PADANG - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat menilai bahwa manajemen masjid di daerah itu perlu diperbaiki agar kehadiran masjid sebagai rumah ibadah dan pusat kegiatan umat Islam menjadi lebih optimal.

"Saat ini penggunaan masjid masih sebatas untuk shalat dan peringatan hari besar Islam, padahal masjid punya potensi luar biasa dalam menyelesaikan berbagai persoalan kemasyarakatan seperti pada zaman Rasulullah," kata Ketua DMI Sumbar Yulius Said di Padang, Senin (3/7).

Menurut dia, salah satu penyebab belum optimalnya pemanfaatan masjid adalah karena manajemen pengurus yang belum dikelola dengan baik dan efektif.

Hal ini disebabkan beragamnya latar belakang pendidikan dan status sosial ekonomi para pengurus masjid, sehingga ada yang pengelolaanya sudah bagus dan ada juga yang belum maksimal.

Upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyelengara masjid, menurut dia, dapat dilakukan melalui pelatihan manajemen masjid secara rutin dan berkelanjutan.

Kemudian, pengurus masjid jangan hanya berpikir bagaimana bangunannya megah dan luas, namun harus menyiapkan kegiatan yang dapat meramaikannya sepanjang waktu, tidak hanya pada bulan Ramadhan.

Menurut dia, meramaikan masjid dengan berbagai aktivitas jauh lebih penting ketimbang memperindah bangunan fisik.

Apalagi jika dikelola dengan baik, selain akan menghidupkan syiar Islam, juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan umat seperti pengangguran, kemiskinan, pendidikan, pembentukan akhlak dan lainnya.

DMI Sumbar dijadwalkan akan menggelar musyawarah wilayah (muswil) ke-8 guna memilih kepengurusan baru periode 2012-2017 pada 3-5 Juli 2012.

Muswil akan diikuti utusan pengurus DMI dari 19 kabupaten dan kota serta pengurus tingkat kecamatan.

Yulius menambahkan, selain memilih ketua umum dan pengurus baru, pada muswil tersebut juga akan disampaikan laporan pertanggungjawaban dari pengurus sebelumnya serta pembahasan program kerja lima tahun ke depan.

Kemudian, akan disiapkan rekomendasi berupa pokok pikiran tentang langkah dan upaya mengotimalkan fungsi masjid dalam menyelesaikan persoalan umat yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement