Rabu 30 May 2012 19:26 WIB

'Cambridge' Kembangkan Ujian Internasional Bahasa Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Universitas Cambridge, London, mengembangkan ujian internasional atau 'Cambridge International Examination' (CIE) untuk Bahasa Indonesia bagi sekolah-sekolah menengah di Indonesia.

Communications Officer British Council, Ester Dina Sihombing, dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Rabu (30/5), menjelaskan pengembangan kualifikasi baru CIE itu merupakan bagian dari kunjungan Mendikbud Mohammad Nuh ke Inggris, 28-30 Mei 2012.

"University of Cambridge International Examinations dan Kemendikbud telah membuat suatu komitmen bersama untuk menawarkan sertifikat internasional umum untuk pendidikan menengah atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) Bahasa Indonesia," katanya.

Kualifikasi baru itu difokuskan pada sertifikasi kemahiran para siswa dalam berbahasa Indonesia, sekaligus mempersiapkan mereka secara sempurna ke tahap pendidikan dan universitas selanjutnya, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Dalam kesempatan itu, Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Inggris, David Willetts, menyambut baik pengumuman University of Cambridge International Examinations untuk mengembangkan IGCSE baru dalam Bahasa Indonesia.

"Itu merupakan sebuah contoh sempurna universitas Inggris bekerja harmonis bersama rekan-rekan dan mitra kami di Indonesia," kata Willets sebagaimana dirilis British Caouncil.

Senada dengan itu, Pemimpin Umum University of Cambridge International Examinations, Ann Puntis, mengatakan para siswa Indonesia di 'Cambridge' sangat penting untuk dididik sampai ke tingkat tertinggi Bahasa Indonesia dan kebudayaan nasional Indonesia.

"Itulah sebabnya, kami telah berkomitmen untuk bekerja bersama mitra-mitra kami di Indonesia untuk mengembangkan suatu kualifikasi baru yang akan memenuhi kebutuhan para pelajar dan melengkapi mereka dengan keahlian dan pengetahuan yang diperlukan bagi kesuksesan pendidikan mereka di masa depan dan kehidupan mereka selanjutnya," katanya.

Ia menjelaskan Cambridge IGCSE Bahasa Indonesia diperuntukkan para siswa setara dengan tingkat 10. "Cambridge IGCSE merupakan kualifikasi internasional terpopuler di dunia bagi siswa dengan kisaran usia 14-16 tahun dan diakui oleh universitas-universitas terkemuka dan penyedia lapangan kerja di dunia sebagai bukti kemampuan akademik mereka. Program ini diajarkan lebih dari 2.600 sekolah di seluruh dunia," bebernya.

Di Indonesia, jumlah sekolah yang kini menawarkan kualifikasi Cambridge juga meningkat signifikan dari tahun lalu. Sebanyak 150 sekolah di Indonesia kini menawarkan silabus dan kualifikasi Cambridge yang meningkat 29 persen sejak 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement