Selasa 29 May 2012 23:38 WIB

Kemenag Makassar Utamakan Calhaj Lansia

Pesawat Haji
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Penyelanggaraan ibadah Haji 2012 melalui Kementerian Agama (Kemenag) Makassar, Sulawesi Selatan, akan memprioritaskan jamaah yang sudah Lanjut Usia (Lansia).

"Kami memprioritaskan lansia. Lansia dimaksud adalah berusia dibawah 90 tahun dan minimal 49 tahun. Untuk itu, tahun ini akan ada penambahan 45 orang lansia yang akan diberangkatkan haji," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Abd Wahid, di Makassar, Selasa.

Data menyebutkan sebanyak 10 ribu jamaah masuk daftar tunggu. Mereka diperkirakan akan menunggu delapan tahun ke depan untuk diberangkatkan haji.

Sementara, kouta dasar yang akan diberangkatkan khusus untuk Makassar sebanyak 1.108 orang calon jamaah haji untuk tahun 2012. Maka, itu berarti dibutuhkan delapan tahun untuk memberangkatkan semua yang masuk dalam daftar tunggu tersebut.

"Itu belum masuk kouta dari kabupaten/kota lainnya di Sulsel. Setiap tahunnya kan bertambah. Bisa saja dari data daftar tunggu itu membengkak kalau tidak dibatasi,'' katanya. ''Bukan berarti kita melarang berhaji tetapi kouta dipastikan tidak mencukupi.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement