Senin 09 Apr 2012 11:39 WIB

Inilah Peran Penting Pemuda

Ilustrasi
Foto: photoland
Ilustrasi

Kata “pemuda” akan membuat orang berpikir tentang energi yang berlebih, semangat yang membara, kekuatan yang tiada habisnya, daya kreasi yang tak pernah terhenti, dan generasi untuk kepemimpinan negara di masa depan. Bahkan, seorang ulama berpendapat bahwa tampilnya kebaikan umat bergantung pada kebaikan akhlak pemudanya. Hal ini membuktikan bahwa pemuda merupakan subjek yang memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat. Lalu, mengapa pemuda memiliki peran yang amat penting bagi masyarakat? Bagaimanakah peran penting tersebut?

Ustadz Yusuf Qardhawi pernah mengatakan, “Masa muda adalah masa pertengahan.” Mari kita bayangkan sebuah mentari yang bersinar pada setiap lembaran hari. Kapasitas energi panasnya akan bergradasi atau lebih tepatnya mambentuk kurva huruf n pada garis-garis koordinat. Huruf n tersebut memiliki titik tengah, yang berarti titik tertinggi. Begitu pula matahari yang memiliki titik tengah, yang dikenal dengan titik kulminasi, yang merupakan sebuah titik tertinggi energi yang dicapai matahari pada setiap harinya.

Pada titik kulminasi, energi panas matahari terasa begitu kuat menyengat. Mari kaitkan dengan pemuda yang dianggap sebagai masa pertengahan. Hal ini berarti bahwa pemuda ialah masa ketika manusia memiliki energi tertinggi.

Pemuda memiliki semangat pergerakan yang membara dalam jiwa. Hal inilah yang sebenarnya menjadi salah satu alasan mengapa pemuda memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Karena semangat pergerakan mereka yang jika dilaksanakan dalam rute yang positif akan menciptakan perubahan-perubahan, serta pengaruh dalam masyarakat, sehingga tercipta pula tatanan yang baik. Peran pemuda itu sendiri dapat sebagai subjek penggerak perubahan, pencipta ide kreatif, sekaligus objek yang akan menjadi contoh nyata dalam perubahan tersebut.

Maksud dari penggerak perubahan adalah bahwa pemuda menjadi penyemangat, pengaruh, dan penyusun skenario dari perubahan yang harus dilakukan. Misalnya, mengkritisi isu negatif yang membahayakan masyarakat. 

Pencipta ide kreatif maksudnya adalah pemuda sebagai penggagas ide yang akan dilakukan dalam perubahan. Selain agar efektif, sekaligus benar-benar memberi manfaat bagi masyarakat.

Sedangkan, objek yang akan menjadi contoh berarti pemuda juga harus melaksanakan apa yang ia ucapkan pada masyarakat atau orang lain tentang hal yang harus mereka lakukan. Dengan kata lain, mengajak orang lain membiasakan hal-hal baik melalui contoh nyata secara langsung.

Demikian harusnya para pemuda berperan dalam masyarakat. Namun, pemuda Islam, memiliki tugas yang ekstra dalam menjalani perannya. Tawadzun, imbang. Pemuda Islam harus seimbang dalam menjalani kehidupan dunia, sekaligus dalam hubungan dengan Sang Kholiq, Allah Azza wa Jalla. Kekuatan yang diperoleh dari hubungan dinamis ini merupakan pengaruh luar biasa yang akan dengan luar biasa pula memengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Endang Sriwahyuni

Mahasiswa Sampoerna School of Education

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement