Selasa 15 Nov 2011 10:01 WIB

Kopi Robusta Lampung Masuk Ajang Final Kontes Kopi Spesial Indonesia 2011

Kopi. Ilustrasi
Foto: www.free-extras.com
Kopi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG-- Kopi robusta Lampung masuk final pada ajang kontes Kopi Spesial (Specialty) Indonesia 2011 yang berlangsung di Gedung Kementerian Perdagangan. "Ada beberapa sampel biji kopi robusta Lampung yang dikirim ke panitia dan tiga masuk final," kata panitia kontes Kopi Specialty Indonesia 2011, Pranoto Soenarto, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, kontes kopi spesial itu diikuti sekitar 63 sampel kopi se-Indonesia. Terbanyak kopi jenis arabika sebanyak 47 sampel dan sisanya 16 sampel kopi jenis arabika. Menurutnya, setelah melalui seleksi yang cukup ketat, juri akhirnya memilih sebanyak 10 sampel kopi arabika dan 10 kopi robusta masuk ke final.

Pada Rabu (16/11) lanjutnya, panita akan mengumumkan pemenang kontes kopi spesial itu. Panitia juga akan menyediakan hadiah berupa piagam penghargaan serta uang tunai masing-masing Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7 juta juara kedua dan ketiga Rp5 juta.

Juri dalam kontes itu tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga luar negeri diantaranya berasal dari Brazil, Jerman, Swedia dan Jepang.

Menurut Pranoto, sampel kopi yang dikirim petani se-Indonesia memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga juri kesulitan untuk menentukan kopi yang akan masuk final. "Dari 47 sampel kopi arabika, juri hanya menyingkirkan lima sampel saja. Kemudian menentukan sampel kopi yang akan masuk semifinal dan final, itu pun dengan seleksi ketat," ujar Pranoto yang juga juri dalam kontes itu.

Sementara itu, Ketua Kompartemen Renlitbang Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Lampung, Muchtar Lutfie, mengatakan Lampung mengirimkan tiga sampel kopi untuk mengikuti kontes itu yang berasal dari sejumlah kelompok tani terutama berasal dari Lampung Barat.

Sebelumnya, lanjut dia, pada November 2009 kopi asal Lampung berjaya pada kontes kopi spesial robusta yang digelar BPP AEKI di Arena Trade Expo Indonesia (TEI) ke-24 di Jakarta. Kopi milik Kelompok Tani (KT) Utama Jaya, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, menjadi juara pertama, mengalahkan sekitar 44 sampel kopi robusta yang berasal dari sentra kopi di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement