Kamis 03 Mar 2011 19:00 WIB

DPR: Profesi Guru Hingga Kini Tak Dihargai

Rep: Ichsan Emrald Alamsy / Red: Didi Purwadi
Marzuki Alie
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Marzuki Alie, menyatakan guru di Indonesia belum dihargai secara profesi. Dia memaparkan guru dahulu menjadi pilihan profesi terakhir para pencari kerja.

‘’Akibat rendahnya penghargaan guru sebagai profesi, masyarakat jarang memilih profesi ini sebagai mata pencaharian hidup,’’ ungkapnya dalam acara Rakernas Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia Swasta (LPTKIS).

Alie menyatakan meski ada yang memilih menjadi guru, namun mutu mengajarnya belum sesuai standar. Karena, SDM Indonesia banyak yang belum mampu bersaing di dunia global. “Hasilnya banyak orang yang tidak ada etika dan kesantunan. Banyak yang berkata seenak jidatnya,” paparnya.

Padahal, pengajar Indonesia dihargai amat tinggi oleh negara lain. Seperti pada era 1970an, Malaysia mengundang guru SD hingga SMA untuk membantu pendidikan di negara jiran. Akan tetapi, saat ini calon pelajar Indonesia yang berusaha menimba ilmu di Malaysia.

Oleh karena itu, jelasnya, pemerintah harus mengintrospeksi karena kondisi ini mencerminkan ada yang salah dalam proses belajar mengajar. “Sesuai dengan UU Sisdiknas, saya sangat memberi perhatian terhadap dunia pendidikan karena nasib bangsa sangat tergantung oleh pendidikan,” lugasnya.

Marzuki menjelaskan LPTKIS pun mempunyai tugas berat untuk menghasilkan calon guru mulai dari jenjang usia dini hingga tinggi yang berkompetensi tinggi. Selain itu, pengembangan pendidikan berkarakter juga menjadi tugas penting lembaga ini. Hal ini mesti dilakukan karena kompetensi guru Indonesia jangan hanya diakui secara nasional namun juga internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement