Sabtu 11 Dec 2010 03:48 WIB

Uji Coba Rudal Nuklir India Gagal

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI--India gagal melakukan uji senjata versi upgrade rudal balistik Agni-II jarak menengah yang berkemampuan nuklir, kata sumber-sumber di pertahanan. "Agni-II plus"  itu ditembakkan dari sebuah peluncur mobile di Pulau Wheeler, di lepas pantai barat negara bagian Orissa, tetapi segera jatuh ke laut tak lama setelah ditembakkan, kata sumber tersebut.

Tidak segera jelas mengapa uji rudal itu gagal. Rudal itu memiliki dua tingkat,keduanya didorong oleh propelan padat dan mampu membawa hulu ledak konvensional atau nuklir satu-ton. Agni-II adalah salah satu dari serangkaian rudal yang dikembangkan sebagai strategi pencegahan terhadap dua negara tetangga bersenjata nuklir, yakni Cina dan Pakistan.

Agni-II memiliki jangkauan normal 2 -2,5 kilometer (1,250-1,500 mil). India telah berhasil menguji sebuah varian Agni-III dengan jangkauan hingga 3 -3,5  kilometer.

Peng-upgrade-an "Agni-II plus" memiliki sistem navigasi yang diperbaiki dan bertujuan menjembatani kesenjangan antara kedua rudal dengan kisaran jarak 2,5 -3  kilometer.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement