Selasa 23 Nov 2010 00:15 WIB

Wapres tak Butuh Laporan ABS

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Wapres Boediono
Foto: Antara
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Boediono menegaskan, saat ini tidak dibutuhkan laporan "asal bapak senang" (ABS) dari para birokrat tentang layanan publik yang dilaksanakan.

"Dalam reformasi birokrasi, yang penting adalah laporan dari yang diberikan layanan (masyarakat), bukan yang memberikan layanan (birokrat)," katanya di Jakarta, Senin (22/11).

Dalam dialognya dengan para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) XLV Lembaga Ketahanan Nasional, ia mengatakan, pemerintah telah merumuskan indeks kepuasan publik pada seluruh instansi. "Ke depan, kita akan rumuskan indeks kepuasan publik yang lebih khas dari masing-masing sektor dan instansi, jadi akan lebih diketahui tingkat kepuasan publik," kata Wapres.

Berdasarkan laporan itu, dapat diketahui tingkat kepuasan publik atas layanan yang diberikan pemerintah melalui instansi terkait. "Sekali lagi, yang penting adalah laporan dari yang diberikan layanan (masyarakat), bukan yang memberikan layanan (birokrat)," ujar Boediono.

Pada kesempatan itu, Wapres Boediono juga mengemukakan pentingnya kontrol terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi baik secara internal maupun eksternal. "Kontrol secara internal dilakukan oleh bagian yang melekat pada sistem tersebut seperti Irjen yang kredibel dan independen," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement