Selasa 09 Nov 2010 02:51 WIB

Ahli Vulkanologi Amerika Serikat Ikut Teliti Letusan Gunung Merapi

Rep: Agung Budiono/ Red: Budi Raharjo
Awan panas Gunung Merapi
Awan panas Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Uniknya sifat erupsi Gunung Merapi ternyata menjadi daya tarik sendiri oleh sejumlah ahli Vulkanologi dan Geologi dari Amerika Serikat. Saat ini sejumlah tenaga ahli itu telah datang untuk membantu tim ahli di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementrian ESDM.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Agung Laksono, menuturkan pengiriman tenaga ahli dari Amerika Serikat itu secara sukarela. "Mereka (para ahli Geologi dan Vulkanologi) diketahui cukup berpengalaman dalam menangani penanganan gunung berapi di dunia. Mereka datang beserta alat-alat canggih yang mereka miliki untuk membantuk bapak Surono (Kepala PVMBG- Red)," paparnya di di Gedung Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) yang dijadikan posko Badan Penanggulangan Bencana Nasional di Yogyakarta, Senin (8/11).

Sayangnya, Menkokesra belum dapat menyebutkan jumlah pasti tim yang datang dari AS itu. Menurutnya, saat ini tim ahli tersebut sedang dalam perjalanan menuju Yogyakarta. Meski demikian, lanjut dia, kedatangan mereka bukan berarti tim ahli kita memiliki kekurangan dan mengindikasikan makin berbahayanya letusan Gunung Merapi.

"Mereka datang karena menurut mereka Merapi ini sangat unik dan niat mereka untuk membantu. Kita terima dengan tangan terbuka. Sebelumnya tim ahli dari Jepang pun sudah datang membantu dan mereka sudah kembali," tukasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement