Sabtu 30 Oct 2010 03:15 WIB

Kaukus Muda Partai Islam se-ASEAN Terbentuk

Rep: Rahmat Santosa Basarah/ Red: Budi Raharjo
Sahar L Hasan
Sahar L Hasan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Merespon tantangan kaum muda di tengah arus globalisasi, dibentuklah Kaukus Muda Partai Islam se-ASEAN pada Jumat (29/10) di Jakarta. Peluncurannya ditandai dengan penyelenggaran Islamic Leadership Training yang melibatkan peserta dari kalangan muda Parti Islam se-Malaysia (PAS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

''Yang ingin dicapai dengan adanya kaukus ini adalah adanya kesamaan cara pandang atas persoalan-persoalan kawasan dan global, sehinga memudahkan dalam upaya menghadapinya,'' ungkap Sahal L Hassan, Wakil Ketua Umum PBB di sela-sela pembukaan Islamic Leadershp Training tersebuit di Kantor DPP PBB, Jakarta (29/10).

Dikatakan Sahar, ini merupakan awal yang baik, diharapkan dengan seiringnya waktu, peserta kaukus ini bertambah banyak serta frekuensi pertemuan dan kegiatan juga semakin sering. ''Ke depan, tidak hanya pelatihan  kepemimpinan, namun Kaukus ini juga akan menggelar berbagai pelatihan seperti kewirausahaan bagi pemuda Islam dan lainnya,'' jelasnya.

Islamic Leadership Training diikuti oleh 20 peserta dari Indonesia dan 22 peserta dari delegasi partai Islam di Malaysia. Pelatihan dibuka oleh Ketua Umum PBB, MS Ka'ban. Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Fathurahman Mahfudz, menegaskan bahwa dengan cikal bakal peserta dari dua negara serumpun ini, Kaukus akan mengembang ke negara-negara sekitar di kawasan ASEAN. '

'Prioritas pengembangan adalah Brunei Darussalam, Filipina (bagian Selatan) serta Thailand bagian selatan). Partai Islam di Indonesia lainnya juga diharapkan dapat bergabung dengan kaukus ini. Demikian pula partai dengan pemilih Muslim di Singapura atau negara lainnya,'' papar Fathurrahman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement