Selasa 31 Aug 2010 06:42 WIB

Pemerintah Siapkan Rp 15 Miliar untuk Pengungsi Sinabung

Rep: M.Imam Baihaki/ Red: taufik rachman

JAKARTA -- Pemerintah menyiapkan Rp 15 miliar untuk penanggulangan bencana letusan Gunung Sinabung, Sumatra Utara. Dana sebesar itu digunakan untuk tanggap darurat bencana.

Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri mengatakan, pengungsi akibat bencana tersebut mencapai 30 ribu jiwa. "Anggaran keseluruhan yang dipersiapkan cukup besar, sekitar Rp 15 miliar," kata Salim kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/8).

Dengan dana tersebut, dia harap para pengungsi dapat tertangani dengan baik. Pemberian dana bantuan itu akan dilakukan secara bertahap. "Hari ini BNPB menyerahkan yang Rp 1,5 miliar," kata mantan Dubes untuk Arab Saudi itu.

Pemerintah menetapkan status letusan Gunung Sinabung tersebut sebagai bencana daerah. Hal tersebut dilakukan karena dampak bencana tersebut masih dianggap kecil. Sehingga, penanggulangan bencana lebih banyak dilakukan pemerintah daerah.

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara meletus pada Ahad dinihari sekitar pukul 00.15 WIB. Sebelumnya Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu mulai menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan asap hitam pada Sabtu (28/08) pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement