Sabtu 07 Aug 2010 08:14 WIB

Wapres Hadiri Resepsi Peringatan HUT AJI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Boediono menghadiri resepsi peringatan HUT ke-16 Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Jumat.

Wapres yang berangkat langsung dari Bogor, usai mengikuti Rakernas bersama para gubernur dan ketua lembaga negara, didampingi Ketua Persatuan wartawan Indonesia (PWI), Ketua AJI, dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan perwakilan media massa.

Sebelum memberikan pengarahan, Wapres dan para undangan yang hadir disuguhi orasi kebudayaan dari jurnalis, budayawan senior Goenawan Mohammad. Peringatan HUT ke-16 AJI diisi pula dengan pengumuman musuh kebebasan pers dan penyerahan penghargaan "Udin" dan "Tasrif".

Ketua Umum AJI Nezar Patria mengatakan, AJI adalah organisasi profesi jurnalis yang didirikan para wartawan muda Indonesia pada 7 Agustus 1994 di Bogor, Jawa Barat, melalui penandatangan deklarasi "Sinargalih". AJI didirikan sebagai organisasi alternatif bagi wartawan di luar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dalam satu dekade Indonesia mengalami lompatan besar dengan adanya kebebasan pers. Namun demikian, masih ada beberapa peristiwa kekerasan terhadap beberapa pekerja jurnalis. "Ancaman terhadap jurnalis masih terjadi, baik dalam bentuk fisik maupun melalui peraturan perundang-undangan," kata Nezar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement