Selasa 03 Aug 2010 22:21 WIB

Presiden Dukung Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Presiden saat telekonferensi dengan masyarakat Banda
Foto: Rumgapres
Presiden saat telekonferensi dengan masyarakat Banda

REPUBLIKA.CO.ID,AMBON--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, pemerintah mendukung penuh upaya masyarakat Maluku meningkatkan produksi ikan dan menjadi wilayah lumbung ikan nasional.

''Potensi perikanan di Maluku sebanyak 1,64 juta ton per tahun, ini potensi besar untuk kesejahteraan. Saya dukung gerakan Maluku menjadi lumbung ikan nasional,'' kata Presiden pada acara puncak Sail Banda di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon, Rabu (3/8).

Presiden mengatakan, bentangan laut di wilayah perairan Maluku yang luasnya 600 ribu kilometer persegi menyimpan kekayaan laut luar biasa besar baik berupa sumber daya perikanan maupun pertambangan. Kekayaan tersebut, menurut Presiden, merupakan modal besar bagi daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. ''Saya instruksikan untuk memberi bantuan sekaligus membangun sektor kelautan dan perikanan,'' serunya.

Saat melakukan dialog dengan masyarakat Kepulauan Banda melalui telekonferensi pada Selasa (2/8) malam, Presiden antara lain telah menjanjikan pemberian bantuan untuk pembangunan sarana penyimpanan dingin (cold storage) hasil perikanan di Banda serta sarana pendukung lain berupa stasiun pengisian bahan bakar umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement