Sabtu 26 Jun 2010 00:54 WIB

Presiden Dijadwalkan Hadiri Puncak Sail Banda 2010

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Sail Banda 2010
Sail Banda 2010

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono direncanakan hadir pada acara puncak Sail Banda 2010 di Ambon, pada 3 Agustus 2010. Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, menjelaskan Presiden akan meninjau pelayanan bakti sosial di atas kapal USNS Mercy, KRI Dr Suharso, dan sekaligus akan melepas kapal The Spirit of Majapahit yang akan berkeliling dunia.

Lebih lanjut Fadel yang juga Ketua Panitia Sail Banda 2010 menjelaskan kegiatan operasi Surya Bhaskara Jaya akan menggunakan kapal rumah sakit TNI AL KRI Dr Suharso, serta didukung kapal-kapal negara sahabat dari Singapura, Malaysia, Australia, dan kapal induk kesehatan Amerika Serikat USNS (United States Naval Ship) Mercy.

Selain itu, bakti sosial juga diberikan kepada masyarakat di pulau-pulau di wilayah Propinsi Maluku dan Maluku Utara. ''Kegiatan ini meliputi pelayanan kesehatan seperti pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut, operasi bibir sumbing, operasi katarak, operasi kecil, dan operasi besar, vaksinasi, pemberantasan penyakit menular dengan pemberian kelambu dan penyemprotan, pengobatan gratis, dan penyuluhan kesehatan,'' jelas Fadel dalam siaran persnya Jumat (25/6).

Data terakhir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tercatat sebanyak 107 kapal layar dari 22 negara di dunia yang akan mengikuti rally kapal layar guna meramaikan Sail Banda 2010. Di antaranya adalah kapal yacht dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan sejumlah negara Asia dan Eropa lainnya. Tak tertutup kemungkinan para peserta kapal layar akan bertambah. ''Mereka akan melayari rute Darwin-Kupang hingga ke Banda pada 24 Juli 2010 dan tiba di Ambon pada 31 Juli 2010,'' kata Fadel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement