Ahad 07 Apr 2024 23:32 WIB

PMI Cilacap Buka Pos Siaga Selama Momen Lebaran

Pos Siaga PMI disiapkan untuk memberikan pertolongan pertama. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas PMI.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
(ILUSTRASI) Petugas PMI.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, membuka Pos Siaga Lebaran 2024. Pos Siaga itu dibuka di depan Gedung Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap, Jalan Raya Slarang KM 12 Sitopong, Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan.

Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengatakan, Pos Siaga itu akan dibuka hingga Sabtu (13/4/2024). PMI Kabupaten Cilacap menyiapkan 41 personel untuk bersiaga di pos tersebut, dengan pembagian tiga sif.

Baca Juga

Personel yang dilibatkan terdiri atas unsur pengurus sebagai perwira piket, staf sebagai team leader merangkap sopir, dan tenaga medis atau perawat Klinik Pratama Rawat Inap PMI, serta sukarelawan sebagai pelaku pertolongan pertama di lapangan (first aider).

“Posko ini mempunyai tugas utama untuk melakukan upaya pertolongan pertama apabila terjadi kasus kecelakaan lalu lintas sebelum ditangani lebih lanjut di Klinik Pratama Rawat Inap PMI,” kata Farid, Ahad (7/4/2024).

Farid mengatakan, Pos Siaga itu juga memberikan pelayanan lainnya, seperti tempat istirahat bagi pemudik, membantu pengendara yang kehabisan bahan bakar, ataupun mengalami bocor ban. “Ada pula kejadian khusus yang ikut ditangani oleh petugas pos. Seperti tahun lalu ketika ada pemudik yang disengat lebah, kelelahan, kebakaran, dan lain-lain,” kata dia.

Selain pos induk yang dibuka di Gedung Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap itu, menurut Farid, pihaknya mengerahkan empat PMI tingkat kecamatan untuk bergabung dengan lima pos pengamanan terpadu yang beroperasi sejak Jumat (5/4/2024) hingga Jumat (12/4/2024).

Mencakup PMI Kecamatan Cilacap Selatan, yang bergabung dengan Pos Pengamanan Taman Hiburan Rakyat (THR) Teluk Penyu dan Pos Sinergi di Alun-Alun Cilacap. Adapun PMI Kecamatan Sampang dan PMI Kecamatan Kroya di Pos Perbatasan Timur, serta PMI Kecamatan Dayeuhluhur di Pos Perbatasan Barat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement