Ahad 24 Dec 2023 17:03 WIB

Malam Pergantian Tahun, Malioboro Hingga Titik Nol Terapkan Car Free Night

Pemberlakukan car free night agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, melakukan patroli di kawasan wisata Malioboro.
Foto: Dok Humas Polda DIY
Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, melakukan patroli di kawasan wisata Malioboro.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah lokasi pada malam pergantian Tahun Baru 2024. Pihaknya akan memberlakukan car free night pada malam pergantian tahun di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Dengan begitu, pada malam pergantian Tahun Baru kawasan tersebut bersih dari kendaraan yang melintas. Pemberlakukan car free night ini agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, mengingat diperkirakan kawasan tersebut akan dibanjiri oleh masyarakat maupun wisatawan yang merayakan pergantian tahun.

"Diberlakukan car free night untuk sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer sejak pukul 18.00 WIB (31 Desember 2023) hingga 05.00 WIB (1 Januari 2024)," kata Suwondo.

Tidak hanya itu, car free night juga akan diberlakukan di kawasan Tugu Yogyakarta pada malam pergantian tahun. Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurizal mengatakan sebelumnya kendaraan akan mulai dialihkan sejak pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023 hingga pukul 01.00 WIB pada 1 Januari 2024 di kawasan Tugu.

Sedangkan, pada pukul 22.00 WIB sudah tidak diperbolehkan kendaraan melintas di kawasan tersebut. "Tak ada lagi kendaraan bermotor melintasi Tugu pukul 22.00 WIB, dan hanya pengunjung berjalan kaki saja," kata Alfian.

Pihaknya juga sudah menyiapkan lokasi-lokasi parkir bagi warga maupun wisatawan yang akan menghabiskan waktu di Tugu pada pergantian malam Tahun Baru. Beberapa lokasi ini  disiapkan di lokasi sekitar kawasan Tugu.

"Ada kantong parkir di McD Sudirman, eks PLN, Paparon, PDAM, SMK Jetis, silakan bisa dimanfaatkan. Mudah-mudahan berjalan aman dan nyaman," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement