Selasa 07 Nov 2023 09:25 WIB

November Dasarian 2, Seluruh Wilayah DIY Diprakirakan Masuki Musim Hujan

Awal musim hujan akan dimulai dari wilayah DIY bagian utara.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas menunjukkan citra satelit Himawari di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas menunjukkan citra satelit Himawari di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono menyebut seluruh wilayah DIY sudah memasuki musim hujan pada November 2023 dasarian 2. Saat ini, sebagian wilayah DIY sudah mulai terjadi hujan.

"DIY bagian utara sudah masuk musim hujan, hampir setiap hari hujan di bagian utara. Di dasarian 2 nanti sudah merata (DIY masuki musim hujan)," kata Warjono kepada Republika, Senin (6/11/2023).

Warjono menuturkan awal musim hujan akan dimulai dari wilayah DIY bagian utara, yakni sebagian wilayah di Kabupaten Sleman hingga nantinya terus berlanjut ke DIY bagian selatan.

"Nanti diawali dari utara ke selatan, dan mengalami hujan keseluruhan (di DIY) di dasarian 2 November. Jadi di pertengahan November atau pekan ketiga November, keseluruhan wilayah DIY sudah masuk hujan," ujar Warjono.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Reni Kraningtyas sebelumnya juga sudah menyebut, awal musim hujan di DIY mundur dari kondisi normalnya. DIY diperkirakan memasuki awal musim hujan pada November 2023 dasarian 1, yang mana mundur dua sampai tiga dasarian.

Meski begitu, tidak semua daerah di DIY yang mulai memasuki musim hujan pada November dasarian 1. Reni menyebut, pada November dasarian I awal musim hujan meliputi Kabupaten Kulonprogo bagian utara.

Sedangkan, pada November dasarian 2 diperkirakan Sleman bagian utara, juga Kabupaten Gunungkidul bagian tengah dan selatan akan mulai memasuki musim hujan.

Pada November dasarian 3, awal musim hujan meliputi Kulonprogo bagian tengah dan selatan, sebagian Kabupaten Bantul bagian barat, Kabupaten Bantul bagian tengah dan selatan, serta Gunungkidul bagian utara.

Selain itu, beberapa daerah lainnya di DIY baru mulai memasuki awal musim hujan pada Desember dasarian 1. Yakni meliputi meliputi Sleman bagian selatan, Bantul bagian utara, sebagian  Gunungkidul bagian barat.

"Dari delapan zona musim (ZOM) di DIY, tujuh ZOM (87,5 persen) diperkirakan akan mulai memasuki musim hujan pada November 2023, dan satu ZOM (12,5 persen) pada Desember 2023," kata Reni.

Lebih lanjut, Reni juga menuturkan perkiraan panjang (durasi) musim hujan juga lebih pendek mengingat masuknya musim hujan di DIY yang mundur dari kondisi normalnya. Rata-rata durasi musim hujan di DIY diperkirakan 16-18 dasarian.

"Panjang musim hujan ada yang cuma 13 dasarian, ada yang 21 dasarian dan itu hanya sedikit. Tapi umumnya (durasi musim hujan di DIY) 16-18 dasarian, berarti ada enam bulan, ada lima bulan lebih," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement