Selasa 10 Oct 2023 15:11 WIB

Musim Hujan akan Tiba, Ingat Pesan Nabi Berikut ini

Musim hujan akan tiba, ini pesan Nabi Muhammad yang harus dipahami.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Fatwa mendatangkan hujan (ilustrasi)
Foto: republika
Fatwa mendatangkan hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim kemarau akan berakhir secara bertahap pada tahun ini. Tahap berakhirnya kemarau diprediksi akan dimulai dari akhir bulan Oktober 2023.

Meski secara zahir musim kemarau ini akan berakhir, ada kemarau atau kekeringan sesungguhnya yang pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau SAW telah berpesan soal arti kemarau atau paceklik yang sesungguhnya.

Baca Juga

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

ليسَتِ السَّنَةُ بأَنْ لا تُمْطَرُوا، ولَكِنِ السَّنَةُ أنْ تُمْطَرُوا وتُمْطَرُوا، ولا تُنْبِتُ الأرْضُ شيئًا.

"Kemarau yang sesungguhnya bukanlah keadaan ketika kalian tidak diberi hujan. Kemarau yang sesunggguhnya adalah kalian diberi hujan, kemudian diberi hujan lagi, tetapi tidak tumbuh apapun di bumi." (HR. Muslim)

Umat Muslim di dunia ini menghadapi berbagai bentuk musibah. Di antara musibah terbesar yang dialami yaitu musim kemarau yang berkepanjangan karena hujan tidak turun dalam waktu yang panjang.

Dengan tidak turunnya hujan dalam waktu yang lama, tanah pun menjadi tandus. Dan dengan panjangnya musim kemarau yang terjadi, maka banyak hasil bumi yang tidak bisa dituai karena gagal panen.

Muncul potensi kelaparan yang besar dan masalah-masalah lain yang menghambat aktivitas dan sarana kehidupan umat manusia. Tentu dalam banyak kasus, musim kemarau telah menyebabkan kerugian bagi banyak orang.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement