Senin 02 Oct 2023 12:27 WIB

Hadirkan Inovasi Silamanda Upaya Pemkab Sleman Perkuat Sektor Perikanan

Diharapkan inovasi itu dapat semakin meningkatkan kualitas produksi ikan di Sleman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Peluncurkan inovasi Produksi Nila Sleman Sembada (Silamanda) dan Bioflok Nila Model Sleman (Biola Delman).
Foto: Dokumen
Peluncurkan inovasi Produksi Nila Sleman Sembada (Silamanda) dan Bioflok Nila Model Sleman (Biola Delman).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman meluncurkan inovasi Produksi Nila Sleman Sembada (Silamanda) dan Bioflok Nila Model Sleman (Biola Delman). Inovasi diluncurkan oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam acara Festival Perikanan Kabupaten Sleman di UPTD PBPP Perikanan, Pakem.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono menjelaskan, inovasi Silamanda merupakan varian nila merah yang dihasilkan dari persilangan antara nila hitam nirwana wanayasa betina, dengan pejantan nila merah yang tidak ada bercak hitamnya dari PT Aquafarm.

Ia menjelaskan ikan nila merah Silamanda memiliki keunggulan pertumbuhan cepat yang mencapai 700 gram dalam waktu satu tahun, tahan serangan penyakit, dan warna merah merata.

Sedangkan Biola Delman yakni teknologi pembesaran ikan dengan sistem bioflok. Teknologi ini memiliki keunggulan padat tebar tinggi dengan lahan terbatas, tidak ada pergantian air selama masa pemeliharaan, pertumbuhan cepat dengan rata-rata 2,5 bulan panen, dan konversi pakan rendah.

"Inovasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pasar akan tingginya permintaan nila merah, khususnya di wilayah DIY," kata Suparmono.

Bupati Kustini Sri Purnomo mendukung penuh kegiatan serta peluncuran inovasi yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan ini. Ia berharap inovasi tersebut dapat semakin meningkatkan kualitas produksi ikan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani ikan di Sleman.

"Untuk itu perlu terus dikampanyekan gemar makan ikan, terutama bagi bagi anak-anak. Karena dengan rutin mengonsumsi ikan, akan dapat meningkatkan kecerdasan para generasi penerus bangsa," ujarnya.

Berbagai acara digelar guna memeriahkan acara itu, di antaranya Mini Contest Chana yang memperebutkan Piala Bupati Sleman, lomba kreasi menu ikan, fun mancing, lomba ewarnai yang diikuti anak usia 5 – 7 tahun dari seluruh Sleman, pameran ikan Hias oleh Assosiasi Pembudidaya Ikan Hias (APIS), pameran produk KWT binaan DP3 Sleman, dan penandatanganan prasasti UPTD PBPP Periakan oleh bupati Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement