Jumat 29 Sep 2023 13:20 WIB

Kalah dari Cina, Indonesia Gagal ke Semifinal Bulu Tangkis Beregu Putri Asian Games

Putri KW banyak melakukan kesalahan pada set kedua.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Fernan Rahadi
Putri Kusuma Wardani
Foto: dok NOC Indonesia/Naif Al'as
Putri Kusuma Wardani

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Indonesia gagal melaju ke semifinal cabang olahraga bulu tangkis nomor beregu putri pada Asian Games Huangzhou 2022. Hal itu setelah para srikandi Tanah Air kalah 0-3 dari Cina di babak delapan besar.

Teranyar, tunggal putri, Putri Kusuma Wardani ditaklukkan wakil Negeri Tirai Bambu He Bingjiao, melalui straight game, 15-21, 19-21, di Binjiang Gymnasium, Hungzhou, Jumat (29/9/2023) siang WIB.

Baca Juga

Kejar mengejar poin terlihat sejak gim pertama dimulai. Papan skor sampai menunjukkan angka 9-9. Wakil tuan rumah memimpin 11-9 pada interval.

Setelahnya duel ketat kembali tersaji. Papan skor menunjukkan angka 12-12. Setelah itu, perlahan tapi pasti Bingjiao mulai menjauh. 

Putri KW banyak melakukan kesalahan sendiri. Skor menjadi 18-13.  Bingjiao menutup tahapan ini dengan keunggulan 21-15.

Putri memulai dengan baik di gim kedua. Ia terus menjaga keunggulan dua poin atas lawannya. Dimulai dari 4-2, 5-3, serta 6-4.

Wanita kelahiran Tangerang ini berusaha memperlebar jarak. Sebuah pengembalian shuttlecock akurat, jatuh di area Bingjiao. Papan skor menunjukkan angka 8-5.

Tak ingin terus tertinggal, wakil Cina mencoba bangkit. Upaya Bingjiao membuahkan hasil. Skor menjadi 7-8.

Wakil tuan rumah mendapatkan angin segar. Smash kerasnya menembus pertahanan lawan. Skor imbang 10-10. 

Putri KW mulai melakukan kesalahan sendiri. Pengembalian shuttlecock yang ia lakukan tersangkut di net. Bingjiao memimpin 11-10 pada interval.

Atlet 26 tahun ini perlahan memperlebar jarak. Ia unggul 14-11. Putri KW mendekat. Papan skor menunjukkan angka 14-15 saat smash menyilang Bingjiao jatuh di area luar.

Pada momen-momen menuju akhir, Putri memperlihatkan kebangkitan. Ia mengejar hingga di angka 19-20. Pada akhirnya Bingjiao menutup tahapan ini dengan skor 21-19.

Sebelumnya, dua wakil Indonesia juga dikalahkan wakil Cina. Ganda Putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti takluk dari Qiangchen Chen/Yifan, kemudian Gregoria Mariska Tunjung tumbang saat menghadapi Yufei Chen, 14-21, 12-21.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement