Selasa 15 Aug 2023 11:01 WIB

Gotong Royong Warga Cibahong Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

Dekorasi lorong merah putih di Kampung Cibahong, Tasikmalaya, menarik perhatian.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Foto udara lorong merah putih di Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (12/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Foto udara lorong merah putih di Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (12/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Kain berwarna merah putih memanjang sekitar 250 meter di ruas Jalan Cipawedal, Kampung Cibahong RT 19/RW 08 Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dekorasi itu membuat Jalan Cipawedal tampak seperti lorong merah putih.

Lorong merah putih itu sengaja dibuat warga Kampung Cibahong untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berdasarkan pantauan Republika, Ahad (13/8/2023), suasana lorong merah putih terasa makin meriah selepas matahari terbenam, dengan adanya nyala lampu warna-warni.

Baca Juga

Hasil kreasi warga Cibahong itu viral di media sosial. Warga dari luar kampung pun berdatangan. Selepas maghrib, tampak banyak warga yang berfoto dengan kamera ponselnya di lorong merah putih.

Salah seorang warga Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Eva (36 tahun), mengaku sengaja datang ke Kampung Cibahong untuk melihat secara langsung keindahan lorong merah putih itu. Ia melihat lorong merah putih itu di media sosial Tiktok. Penasaran, langsung meluncur ke sini. Sangat luar biasa, patut diapresiasi,” ujar dia.

Warga lainnya, Nisa (35), mengaku terkesan dengan lorong merah putih itu. “Benar-benar baru sekarang lihat seperti ini. Bagus banget,” ujar perempuan yang berasal dari Kota Tasikmalaya itu.

 

photo
Suasana lorong merah putih di Kampung Cibahong saat malam hari. - (Republika/Bayu Adji P)

 

Swadaya warga

Tokoh masyarakat Kampung Cibahong, Badrudin (54 tahun), menjelaskan, lorong merah putih itu merupakan hasil musyawarah warga. Menurut dia, warga ingin jalan yang melintasi lingkungannya dihias sedemikian rupa untuk memeriahkan momen 17 Agustus.

Menurut Badrudin, dibutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk mendekorasi Jalan Cipawedal menjadi seperti lorong merah putih. Selain kain warna merah putih, dipasang juga lampu warna-warni. Untuk membuat peringatan Hari Kemerdekaan lebih semarak, warga juga membuat ornamen burung Garuda, serta lukisan proklamator kemerdekaan, Bung Karno dan Bung Hatta.

“Semua merupakan swadaya masyarakat. Hasil dari bahu-membahu warga, baik tenaga dan biaya,” ujar Badrudin.

Hasil gotong royong warga Kampung Cibahong mendapat apresiasi banyak pihak. Selain sempat viral di media sosial, banyak warga yang datang ke Kampung Cibahong untuk melihat langsung lorong merah putih. Badrudin mengatakan, warga yang berkunjung bukan hanya dari wilayah Kecamatan Sukarame. Ada juga dari luar daerah, seperti Kota Tasikmalaya dan Banjar.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto juga sempat melihat langsung lorong merah putih. Badrudin bersyukur hasil kreasi warga ini mendapat apresiasi. “Tentu kami bangga dengan membuat ini,” ujar Badrudin.

Badrudin berharap dekorasi lorong merah putih buatan warga Kampung Cibahong ini dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam menyambut momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, serta dapat membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat.

 

photo
Dekorasi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kampung Cibahong. - (Republika/Bayu Adji P)

 

Dilatarbelakangi jalan rusak

Dekorasi lorong merah putih di Kampung Cibahong itu sebenarnya bukan kali ini saja dibuat. Warga membuat dekorasi serupa pada momen Agustusan tahun lalu. Salah satu perbedaannya, kondisi Jalan Cipawedal masih belum bagus seperti sekarang. “Tahun kemarin jalannya masih jelek,” kata Badrudin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement