Selasa 01 Aug 2023 20:34 WIB

Ornamen ‘Raksasa’ Sambut HUT Kemerdekaan Indonesia di Mundakjaya Indramayu

Para pemuda di Desa Mundakjaya memanfaatkan barang-barang tak terpakai.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Ornamen logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia berdiri di Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Foto: Dok Republika
Ornamen logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia berdiri di Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Suasana menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia sudah terasa di Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di salah satu titik desa itu berdiri ornamen logo HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia dengan ukuran “raksasa”.

Ornamen logo itu dibuat para pemuda Desa Mundakjaya. Mereka memanfaatkan bahan-bahan tak terpakai untuk membuat ornamen itu, seperti karung, kardus, juga bambu.

Baca Juga

“Ukurannya 10 x 10 meter. Kami juga membuat logo dengan tema HUT RI ke-78 tahun ini dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai,” kata Alim Mustofa, salah seorang pemuda Desa Mundakjaya.

Alim mengatakan, para pemuda di Mundakjaya sudah rutin setiap tahun membuat kreasi untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Indonesia. Untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, kata dia, para pemuda sudah mempersiapkan pembuatan ornamen berukuran besar sejak bulan lalu.

Para pemuda mengumpulkan barang-barang bekas sebagai bahan ornamen dan bergotong royong membuatnya. Hingga akhirnya ornamen logo HUT Kemerdekaan Indonesia itu terpasang di Desa Mundakjaya.

Alim mengatakan, kreativitas para pemuda dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan Indonesia ini diharapkan dapat terus menumbuhkan semangat perjuangan dan kemerdekaan bagi warga Desa Mundakjaya.

Camat Cikedung Encep RS mengapresiasi kreativitas anak-anak muda di Desa Mundakjaya yang menginisiasi pembuatan ornamen logo HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia. 

“Saya sangat mengapresiasi mereka dan memang sangat kreatif dalam rangka menyambut HUT RI ke-78. Daya kreativitas mereka sangat tinggi,” ujar Encep. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement