Sabtu 24 Jun 2023 12:14 WIB

Doa Ketika Ditraktir atau Diberi Makan oleh Orang Lain 

Mengucap terima kasih dan mendoakan orang yang memberi makan merupakan akhlak mulia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Konsumen menyantap hidangan masakan khas Padang. Doa Ketika Ditraktir atau Diberi Makan oleh Orang Lain 
Foto: Republika/Thoudy Badai
Konsumen menyantap hidangan masakan khas Padang. Doa Ketika Ditraktir atau Diberi Makan oleh Orang Lain 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika ada saudara, teman, tetangga atau siapapun yang memberikan makanan atau mentraktir makan maka ucapkanlah terima kasih dan doakanlah mereka agar memperoleh kebaikan-kebaikan. Mengucapkan terima kasih dan mendoakan orang yang memberi makan merupakan akhlak yang mulia yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Ketika Ditraktir atau Diberi Makan oleh Orang Lain 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

Baca Juga

Allahumma bariklahum fiyma rozaqtahum waghfirlahum warhamhum

Artinya: Ya Allah, berkahilah mereka (yang memberi makan aku) pada nikmat yang Kau anugerahkan kepada mereka. Ampuni dan rahmatilah mereka

Doa ini diambil dari hadits nabi Muhammad SAW riwayat Abu Daud dari jalur Abdullah bin Busr.

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ خُمَيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ مَنْ بَنِي سُلَيْمٍ قَالَ جَاءَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى أَبِي فَنَزَلَ عَلَيْهِ فَقَدَّمَ إِلَيْهِ طَعَامًا فَذَكَرَ حَيْسًا أَتَاهُ بِهِ ثُمَّ أَتَاهُ بِشَرَابٍ فَشَرِبَ فَنَاوَلَ مَنْ عَلَى يَمِينِهِ وَأَكَلَ تَمْرًا فَجَعَلَ يُلْقِي النَّوَى عَلَى ظَهْرِ أُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةُ وَالْوُسْطَى فَلَمَّا قَامَ قَامَ أَبِي فَأَخَذَ بِلِجَامِ دَابَّتِهِ فَقَالَ ادْعُ اللَّهَ لِي فَقَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Yazid bin Khumair dari Abdullah bin Busr dari Bani Sulaim, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah datang dan singgah di rumah ayahku, lalu ayahku menyuguhkan makanan kepada beliau. Lalu ia menyebutkan Hais (makanan yang terbuat dari campuran kurma, keju dan mentega) yang ia bawa kepada beliau, kemudian datang lagi dengan membawa minuman. 

Lalu beliau minum dan memberikannya kepada orang yang di samping kanannya, beliau makan kurma lalu membuang bijinya menggunakan punggung kedua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Ketika beliau berdiri maka ayahku pun berdiri dan memegang tali kekang unta beliau seraya berkata, "Berdoalah kepada Allah untukku." Kemudian beliau berdoa: "Ya Allah, berkahilah apa yang Engkau berikan kepada mereka, ampuni dan rahmatilah mereka." (HR. Abu Daud).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement